logo





Ransomware Mobile Serang Browser dan OS Smartphone

Serangan digital saat ini tidak hanya menyerang perangkat Komputer, namun juga mengancam perangkat mobile. Seperti diketahui, perangkat smartphone kini banyak digunakan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia.

18 Juli 2017 17:34 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Pixabay

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Serangan digital saat ini tidak hanya menyerang perangkat Komputer, namun juga mengancam perangkat mobile. Seperti diketahui, perangkat smartphone kini banyak digunakan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia.

Tips Menghilangkan Iklan Mengganggu Pada Browser

Penggunaan perangkat mobile secara global terus tumbuh hingga mampu menyalip desktop sejak 2014. Perangkat mobile juga diprediksi akan terus tumbuh dan jumlahnya lebih banyak ketimbang PC.

Akibat dari hal tersebut turut menjadi peluang bagi para hacker untuk melancarkan aksinya untuk mendapatkan keuntungan tentunya.


Mengenal Apa itu Adware

Ransomware untuk perangkat mobile merupakan satu serangan umum yang berbeda dengan komputer. Malware ini mencoba untuk menginfeksi smartphone dengan memblokir aplikasi browser sehingga aplikasi tak dapat diakses. Ransomware mobile bahkan mampu menginfeksi sistem operasi (OS), sehingga pengguna tak dapat mengakses smartphone-nya.

Saat malware itu menyerang OS, semua aplikasi yang ada pada smartphone juga tak dapat diakses oleh pemiliknya.

Namun perlu diketahui bahwa data pengguna perangkat mobile tersinkron ke cloud, sehingga jika perangkat telah terinfeksi malware, maka data di cloud pun bisa saja disalahgunakan. Sayangnya, hingga saat ini belum ditemukan cryptolocker untuk perangkat mobile jika perangkatnya terinfeksi ransomware, sehingga pengembalian data penting yang terinfeksi akan menjadi sulit.

 

Mengenal Apa Itu Port HDMI

Penulis : Satria Budi