logo





Setya Novanto Masih Tetap Sebagai Ketua DPR RI

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengatakan bahwa penetapan Setya Novanto sebagai tersangka dalam kasus E-KTP tidak akan mengganggu kinerja kepemimpinan yang ada di DPR RI.

18 Juli 2017 16:16 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM- Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, mengatakan bahwa penetapan Setya Novanto sebagai tersangka dalam kasus E-KTP tidak akan mengganggu kinerja kepemimpinan yang ada di DPR RI.

Komunikasi dengan Ical Terkait SN, Golkar: Jangan Berfikir KPK Dibubarkan

"Kepemimpinan di DPR kokektif kolegial, tidak mengganggu proses pembagian tugas di DPR, ujar Fadli Zon usai melakukan rapat pimpinan di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa (18/7).

Politisi Partai Gerindra ini menjelaskan bahwa Setya Novanto masih tetap menjadi anggota DPR sampai proses hukum yang dihadapinya telah mengalami keputusan akhir atau inkrah. Hal tersebut telah diatur dalam UU MD3.


Setya Novanto Tersangka, Pansus Angket KPK Tetap Jalan

"Sesuai UU MD3 adalah hak setiap anggota DPR yang menjalani proses hukum untuk tetap menjadi anggota DPR sampai proses hukum itu inkrah," jelasnya.

Selain itu, Setya Novanto juga akan tetap menjadi Ketua DPR RI apabila Partai Golkar sebagai partai pengusung tidak melakukan rotasi.

"Persoalan pimpinan, jika tidak ada perubahan dari partai atau fraksi yang mengusung, maka tidak akan ada perubahan di dalam konfigurasi kepemimpinan di DPR. Bisa disimpulkan pimpinan DPR tetap seperti sekarang ini," pungkasnya.

Setya Novanto Berjanji Akan Ikuti Proses Hukum

Penulis : Khairul Anwar