logo


Fasilitas Kredit Tanpa Agunan, Kebutuhan Keuangan atau Hanya Keinginan?

Jika Anda hendak mengambil pinjaman tanpa agunan, sebaiknya tanyakan pada diri Anda sendiri apakah ini memang kebutuhan atau hanya sekedar keinginan belaka.

18 Juli 2017 15:55 WIB

Ilustrasi dana pinjaman.
Ilustrasi dana pinjaman. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Berbagai fasilitas peminjaman tanpa agunan selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi seseorang yang membutuhkan dana tambahan. Namun, jika Anda hendak mengambil program kredit tanpa agunan (KTA) di sebuah bank, pikirkan apakah Anda benar-benar membutuhkan pinjaman tersebut atau tidak.

Utang Bisa Diubah Menjadi Keuntungan Lho, Begini Caranya...

Jika Anda merasa 'galau' hendak mengambil pinjaman tanpa kredit dengan berbagai fasilitas yang diberikan atau tidak, sebaiknya Anda perhatikan hal-hal berikut ini.

Bedakan antara Kebutuhan dan Keinginan


Ini Kunci Sukses Kelola Keuangan untuk Bisnis Kecil Anda

Sebetulnya, membedakan antara keinginan dan kebutuhan mudah saja. Jika pinjaman dana itu bersifat kebutuhan, maka jika Anda tidak melakukan peminjaman tersebut, hidup Anda akan berada dalam ancaman. Begitu sebaliknya jika pinjaman hanya sebuah keinginan belaka.

Anda tak perlu khawatir kehilangan kesempatan untuk mendapatkan berbagai fasilitas dan penawaran terbaik dari pihak bank. Pasalnya, pihak bank akan selalu memberikan penawaran menarik untuk nasabahnya yang hendak mengajukan KTA.

Perlu diingat, Anda harus memperhatikan riwayat kredit dan status keuangan yang dimiliki. Pihak bank akan melakukan pengecekan sebelum menawari Anda untuk mengajukan pinjaman dengan berbagai fasilitas yang menarik.

Angsuran dan Jangka Waktu

Pihak bank memiliki perhitungan yang matang mengenai kemampuan Anda untuk mencicil utang. Skemanya adalah pihak bank akan menghitung total segala utang produktif yang Anda miliki maksimal berada di angka 30 persen hingga 35 persen dari pendapatan.

Biasanya, semakin lama jangka waktu cicilan maka uang yang Anda setorkan akan semakin kecil nominalnya.

Jadi, Anda berminat untuk menerima tawaran KTA karena kebutuhan atau keinginan?

Tingkatkan Inovasi Baru, Inilah Para Pemenang Penghargaan Bank Indonesia 2017

Penulis : Ratna Wilandari