logo


Buka Kemah Budaya Nasional, Mendikbud Suarakan Semangat Kebinekaan

Menurutnya, akar dari perilaku toleran, saling menghargai, gotong royong berasal dari rasa kebinekaan.

17 Juli 2017 16:40 WIB

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, pada acara pembukaan Kemah Budaya Nasional (KBN) Tahun 2017, di Palangka Raya, Senin (17/7).
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, pada acara pembukaan Kemah Budaya Nasional (KBN) Tahun 2017, di Palangka Raya, Senin (17/7). Dok. Kemdikbud

PALANGKA RAYA, JITUNEWS.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, membuka Kemah Budaya Nasional (KBN) Tahun 2017 di Palangka Raya pada hari Senin, tanggal 17 Juli 2017. 

Heboh Foto Pramuka Makan Beralas Tanah, Ini Respon Adhyaksa Dault

Dalam paparannya, Muhadjir menitipkan pesan kepada para generasi muda untuk tekun menuntut ilmu dan menjadi tonggak masa depan bangsa nantinya. 

"Pada tahun 2045 nanti Anda memasuki usia 40 tahun. Yang berarti Anda menjadi pemimpin bangsa ini. Anda semua akan berada di garis depan yang menjadi penentu masa depan Indonesia," kata Muhadjir.


Kagum dengan Pramuka Indonesia, Dubes Korea Nyanyikan Lagu "Satu Nusa Satu Bangsa"

Ia juga menjelaskan pentingnya kegiatan Pramuka untuk membangun rasa kebinekaan sejak dini. Menurutnya, akar dari perilaku toleran, saling menghargai, dan gotong royong berasal dari rasa kebinekaan. 

"Marilah, dengan kegiatan pramuka ini, kita siapkan anak-anak (para Pramuka ini) yang kelak menjadi pemimpin bangsa agar memiliki bekal pemahaman yang cukup mengenai rasa kebinekaan," ujarnya.

Dengan adanya kegiatan KBN tersebut, Muhadjir berharap pemuda dan pemudi Indonesia dapat memahami makna kebinekaan yang indah untuk meningkatkan jiwa nasionalisme.

"Selamat berkemah, selamat berbudaya, selamat membangun rasa nasionalisme melalui rasa kebinekaan," pungkasnya.

Kegiatan KBN VIII ini berlangsung sejak tanggal 16 s.d. 22 Juli 2017 bertempat di Bumi Perkemahan Palangka Kambariat Tuah Pahoe, Palangka Raya.

KBN kali ini bertajuk 'Harmoni Kebinekaan di Bumi Tambun Bungai' dan diikuti 1.000 pramuka penggalang dari 34 provinsi. Terdapat pula 13 Kwarcab se-Kalteng, 8 Kwarcab se-Kota Palangka Raya serta rekan Pramuka dari Vietnam.

Beberapa Sekolah Sudah Terapkan Sekolah 5 Hari, Mendikbud Tunggu Perpres

Penulis : Nugrahenny Putri Untari
×
×