logo





JK Sarankan Beberapa PTS Lakukan Meger Secara Sukarela Demi Kualitas

Selain memangkas kuantitas, hal tersebut juga dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

17 Juli 2017 15:45 WIB

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Jitunews/Latiko A.D

BADUNG, JITUNEWS.COM - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK), menyoroti jumlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia yang mencapai lebih dari 4.000 buah. Menurutnya, dengan kuantitas sebanyak itu, sulit untuk menjaga kualitas pendidikan secara maksimal.

Ini Penjelasan Istana Soal Isu Kenaikan Gaji Jokowi-Jusuf Kalla

Oleh karena itu, JK pun menyampaikan ide agar PTS yang ada melakukan merger alias penggabungan secara sukarela. Selain memangkas kuantitas, hal tersebut juga dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. 

"Untuk apa banyak tapi tidak berkualitas. Dengan merger itu efisiensi dan sekaligus dapat meningkatkan kualitasnya. Jadi sekarang kita butuh kualitas, bukan kuantitas," kata JK dalam acara pembukaan Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (BPPTSI) di Seminyak, Badung, Bali pada hari Senin, tanggal 17 Juli 2017.


Hutang Indonesia Era Jokowi Bertambah Rp 1.067 T, Ini Penjelasan JK

JK pun memaparkan bahwa kualitas sebuah perguruan tinggi akan tetap menjadi pilihan utama bagi para calon mahasiswa dan orang tuanya.

"Perguruan tinggi seperti restoran, orang akan cari yang enak. Berapa pun harganya, di mana pun itu. Kalau enak pasti dicari meski harganya mahal. Ini menyangkut masa depan. Orang akan cari yang terbaik," ujarnya lagi.

JK Prihatin Radikalisme Muncul Akibat Perkembangan Teknologi

Penulis : Nugrahenny Putri Untari