logo





Mengapa Hanya Telegram Yang Diblokir Sedangkan WhatsApp Tidak

Beberapa hari yang lalu Indonesia melakukan pemblokiran terhadap aplikasi chatting Telegram. Walaupun demikian pembelokiran tersebut masih sebatas pembatasan akses dengan menggunakan browser komputer dan mobile

17 Juli 2017 10:23 WIB

Aplikasi Telegram.
Aplikasi Telegram. Dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Beberapa hari yang lalu Indonesia melakukan pemblokiran terhadap aplikasi chatting Telegram. Walaupun demikian pembelokiran tersebut masih sebatas pembatasan akses dengan menggunakan browser komputer dan mobile dan tidak pada mobile apps.

Aji Santoso Dukung Penuh Regulasi PSSI Soal Pemain Muda U-23

Hingga saat ini para pengguna Telegram masih bisa berkomunikasi dengan menggunakan Aplikasi mobile.

Telegram adalah aplikasi chatting yang dibuat oleh dua bersaudara Nikolai dan Pavel Durov. Teknologi enkripsi pada Telegram tersebut berbasiskan enkripsi AES 256-bit, enkripsi RSA 2048, dan Diffie-Hellman. Telegram sendiri banyak digunakan karena dianggap mampu memberikan rasa aman bagi para penggunanya karena memiliki teknologi enkripsi yang membuatnya sulit untuk diretas. Lantas bagai mana dengan WhatsApp?


Juarai Trofeo Bhayangkara 2017, Arema : Pertandingan Sesuai Dengan Harapan

WhatsApp sendiri baru menerapkan fitur enkripsi pada aplikasi mereka. Menggunakan layanan enkripsi dari perusahaan bernama Open Whisper System. Teknologi enkripsi yang digunakan di tiap layanan pun berbeda. Untuk layanan pengiriman pesan, teknologi enkripsi yang digunakan bernama Signal Protocol dan layanan telepon menggunakan SRTP. Berbeda dengan Telegram yang sejak awal telah menerapkan fitur enkripsi pada aplikasinya tersebut.

Akibat ketangguhan teknologi enkripsi yang dimiliki oleh Telegram, disinyalir aplikasi Telegram digunakan untuk berkomunikasi oleh kelompok radikal. Serta Telegram mampu menampung group dengan beranggotakan 10 ribu user. Dengan adanya hal tersebut percakapan pada Telegram sulit untuk diketahui.

Yuk, Ikutan Kuis Silver Queen Share Your Love!

Penulis : Satria Budi