logo


HTI Ajukan Judicial Review ke MK Hari Ini

Pengacara HTI, Yusril Ihza Mahendra, menyebut logika pemerintah aneh

17 Juli 2017 07:10 WIB

Yusril Ihza Mahendra.
Yusril Ihza Mahendra. Jitunews/Latiko Aldilla DIrga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pihak Istana Presiden mengatakan organisasi kemasyarakatan (ormas) yang tidak terima dibubarkan lewat Perppu Nomor 2 Tahun 2017 dapat menggugatnya ke PTUN. Pengacara HTI, Yusril Ihza Mahendra, menyebut logika pemerintah tersebut dinilai aneh. 

Istana: Perppu Suatu Penegasan Bahwa Pancasila Sudah Final

"Memang betul kalau ormas dibubarkan sih bisa digugat ke PTUN, cuma yang kita persoalkan kan keluarnya Perppu itu sendiri. Perppunya kan sewenang-wenang dan Perppu itu memberi dasar ke pemerintah untuk membubarkan ormas sewenang-wenang," ujar Yusril, Minggu (16/7).

Yusril akan melakukan perlawanan untuk membatalkan Perppu tersebut. Apabila HTI dibubarkan, pihaknya siap menggugat ke PTUN. 


Said Aqil: Silahkan Orang Anti-Pancasila Tapi Jangan di Indonesia, di Afganistan Saja

"Kami mendahului itu, kami akan melawan Perppu itu ke MK. Kalau dibubarkan atas dasar Perppu, kita akan gugat ke PTUN walaupun terlalu berat karena Perppu itu kan memberi jalan kemudahan bagi pemerintah untuk membubarkan ormas," jelasnya.

Yusril menyindir pernyataan pihak Istana dengan menyebut logika pemerintah aneh.

Polri akan Serahkan Data Ormas yang hendak Dibubarkan kepada Wiranto

"Logika pemerintah itu kan logika aneh, kalau nggak puas dibubarin silakan ke pengadilan. Pertanyaan saya, apa sih di dunia ini yang nggak bisa digugat ke pengadilan?" ujarnya sambil tertawa.

Irit Bicara Setelah Pilkada, Anies: Karena Bicara Apapun Tidak Ada Gunanya

Komunikasi dengan HTI terkait Perppu dan rencana gugatan ke MK berjalan terus. Rencananya, Yusril akan mengajukan Judicial Review ke MK hari ini, Senin, tanggal 17 Juli 2017.

Kenapa Telegram Digemari Teroris? Ini Alasannya

"(Komunikasi dengan HTI) jalan terus. Sudah kita siapkan, Perppu itu mesti kita lawan ke MK. Rencananya kita ke MK Senin. HTI yang memberi kuasa kepada saya," ungkap Ysuril.

Sejumlah Ormas Adakan Pertemuan, Ini Hasil Rapatnya

Penulis : Aurora Denata
×
×