logo


Penguatan Hukum di Sektor Kelautan Perlu Dilakukan

Tindak pidana di bidang kelautan merupakan kejahatan terorganisir, sehingga tidak jarang pelakunya memiliki jaringan yang sangat luas

12 Juli 2017 12:41 WIB

Ilustrasi penangkapan ikan.
Ilustrasi penangkapan ikan. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum, Noor Rochmat yang mewakili Jaksa Agung RI dalam acara rapat koordinasi nasional Satgas 115 mengatakan bahwa langkah penguatan hukum di sektor kelautan dan perikanan perlu untuk dilakukan.

Pelaku Penembak Italia: Ibu Nyuruh Saya Menyerahkan Diri

"Harus ada upaya penguatan hukum di sektor kelautan dan perikanan, agar langkah penindakan yang dilakukan tidak hanya berhenti pada saat penangkapan tetapi juga sampai ke aktor intelektual dari kejahatan tersebut," kata Noor Rochmat di Jakarta, Rabu (12/7).

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa tindak pidana di bidang kelautan merupakan kejahatan terorganisir, sehingga tidak jarang pelakunya memiliki jaringan yang sangat luas. Sementara faktanya penegakkan hukum sering kali masih hanya sebatas menyasar para pelaku di lapangan saja.


KPK Dinilai Gagal Cegah Korupsi, Pakar: Mereka Utamakan Penindakan

"Sampai saat ini upaya penegakan hukum kita masih belum mampu menyentuh aktor intelektualnya, yang biasanya berbadan hukum atau korporasi," katanya.

Mengatasi permasalahan tersebut, pihaknya mengeluarkan Peraturan Jaksa Agung Republik lndonesia Nomor: PER-028/A/JA/10/2014 tanggal 1 Oktober 2014 tentang Pedoman Penanganan Perkara Pidana dengan Subjek Hukum Korporasi.

"Pengaturan dalam Peraturan Jaksa Agung tersebut relatif lebih luas dan rinci, meliputi penanganan perkara tindak pidana korupsi maupun tindak pidana umum termasuk di dalamnya tindak pidana perikanan," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya upaya memberantas kejahatan di sektor laut termasuk pelaku IUU Fishing didukung dengan aturan hukum yang kuat, maka kejahatan di sektor laut bisa segera di tuntaskan.

Jaga Tata Kelola Laut, Susi Tekankan Perlunya Oceans Rights

Penulis : Siprianus Jewarut, Aurora Denata