logo


Jaga Tata Kelola Laut, Susi Tekankan Perlunya Oceans Rights

Ocean Rights mengandung konsekuensi diberlakukannya hukuman (sanksi) apabila terjadi pelanggaran terhadap hak tersebut.

12 Juli 2017 10:45 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Jitunews/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara Ilegal (Satgas 115), kembali menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Satgas 115 di Hotel Grand Sahid Jakarta, Selasa (11/7).

Menteri Susi Ingin Pegawai KKP Menjadi Pelopor Perubahan

Agenda dalam acara tersebut membahas tindakan pemberantasan Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing demi menjaga kedaulatan negara serta keberlanjutan sumber daya kelautan dan perikanan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, saat hadir sebagai keynote speaker dalam acara tersebut, menekankan bahwa dalam mengelola ruang laut perlu ada perhatian yang kuat pada Oceans Rights. Pasalnya, hal ini perlu diperhatikan agar bisa mewujudkan keseimbangan antara keberlanjutan sumber daya alam dengan kesejahteraan masyarakat.


Dianggap Sengsarakan Nelayan, Demonstran Tuntut Susi Pudjiastuti Mundur

Ocean Rights mengandung konsekuensi diberlakukannya hukuman (sanksi) apabila terjadi pelanggaran terhadap hak tersebut. Selain itu, pengakuan Ocean Rights mengandung implikasi bahwa setiap warga negara berkewajiban untuk menjaga hak laut.

"Memberlakukan laut setara dengan manusia sebagai subjek hukum melahirkan pemikiran untuk memberlakukan hukuman yang lebih berat terhadap manusia atau korporasi yang melanggar hak laut," demikian kata Susi.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa sampai saat ini pihaknya terus mengupayakan berbagai solusi untuk melakukan pemberantasan illegal fishing.

Ia menjelaskan bahwa penegakan hukum saja tidaklah cukup untuk memulihkan kembali laut yang sudah terdampak. Salah satu upaya penting yang harus dilakukan adalah mengakui hak laut (ocean rights) sebagai perangkat (means) untuk mencapai kesehatan laut (healthy ocean).

"Kita selalu berpikir bahwa laut dan isinya merupakan objek. Ini justru menimbulkan kecenderungan tindakan eksploitasi sumber daya alam sebesar-besarnya untuk kepentingan jangka pendek manusia," tukasnya.

Ia berharap dengan adanya sejumlah program strategis yang di canangkan oleh pihak KKP masalah sektor kelautan dan perikanan bisa segera diselesaikan dan kesejahteraan masyarakat nelayan bisa terus meningkat.

Perang Melawan Ilegal Fishing Mampu Tingkatkan Produksi Ikan Tanah Air

Penulis : Siprianus Jewarut, Nugrahenny Putri Untari