logo


Wiranto: Satgas 115 Harus Bisa Menangkap Otak dari Setiap Kejahatan di Laut

Menkopolhukam itu juga menjelaskan bahwa upaya penangkapan jangan hanya berada di level permukaan pada saat operasi berlangsung di wilayah laut saja.

11 Juli 2017 13:05 WIB

Menkopolhukam, Wiranto menghadiri acara Rakor Satgas 115 bersama dengan Menteri Susi Pudjiastuti, Selasa (11/7).
Menkopolhukam, Wiranto menghadiri acara Rakor Satgas 115 bersama dengan Menteri Susi Pudjiastuti, Selasa (11/7). Dok. KKP

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto yang hadir mewakili Bapak Presiden RI, dalam acara Rakor Satgas 115 mengatakan bahwa pemerintah saat ini memberi apresiasi atas kerja keras dari Satgas 115 dalam menjaga wilayah laut dari penangkapan ikan illegal.

RUU Pemilu Stagnan, Wiranto Dekati Parpol

Ia menjelaskan bahwa dibalik setiap kejahatan di wilayah laut, pasti ada otak intelektual. Maka menurutnya upaya penangkapan, penenggelaman kapal, penindakan kejahatan di wilayah laut tidak hanya berhenti pada level permukaan saat operasi dilakukan di wilayah laut.

"Satgas 115 juga harus bisa menangkap otak dari pelakunya. Selama aktor intelektual belum tertangkap, maka kejahatan akan terus terjadi” ujar Wiranto, dalam keterangan tertulis yang diterima Jitunews.com, Selasa (11/7).


Jika Tercapai Rekonsiliasi Rizieq Akan Pulang, Benarkah?

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa pada saat ini pemerintah memiliki cita-cita besar menjadikan Indonesia sebagai poros Maritim dunia, dan untuk sampai pada cita-cita tersebut perlu ada langkah bersama dalam menjaga wilayah laut.

"Dengan adanya upaya perang melawan Ilegal Fishing dan kejahatan laut lainnya yang dilakukan KKP dan Satgas 115, maka target besar tersebut perlahan-lahan akan terwujud," jelasnya.

Ia berharap upaya menjaga wilayah laut ini harus terus dilakukan dengan memperkuat Satgas 115 yang ada. Pasalnya upaya penguatan ini harus terus dilakukan guna mengefektifkan upaya penjagaan wilayah laut dari setiap perilaku kejahatan laut salah satu diantaranya Illegal Fishing.

Satgas 115 Perkokoh Barisan Berantas IUU Fishing

Penulis : Siprianus Jewarut, Ratna Wilandari