logo


Susi Minta Pelaku Bisnis Perikanan Menaati Peraturan yang Sudah Berubah

Kekuatan bisnis perikanan di laut Indonesia sangat berdampak pada kebijakan pemerintah yang diberlakukan saat ini.

11 Juli 2017 10:10 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan keterangan usai meninjau pulau reklamasi di Teluk Jakarta, Rabu (4/5).
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan keterangan usai meninjau pulau reklamasi di Teluk Jakarta, Rabu (4/5). JITUNEWS/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, meminta semua pelaku bisnis di sektor kelautan dan perikanan untuk menaati setiap peraturan yang ada.

KKP Tingkatkan Efektivitas Pengelolaan Perikanan, Melalui Transparansi Data

"Para pelaku usaha seyogyanya menyadari peraturan yang kini sudah berubah. Pemerintah perlu dukungan semua pihak, semua tata niaga perikanan. Tidak ada lagi regulasi maupun kebijakan dikungkung oleh tata niaga yang begitu ketat dengan oligopoli dan monopoli," kata Susi di Jakarta, Senin (10/7).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kekuatan bisnis perikanan di laut Indonesia sangat berdampak pada kebijakan pemerintah yang diberlakukan saat ini.


Susi: Kalau Saya Diminta Berubah Lebih Santun, Itu Susah

"Pelaku usaha juga harus menyadari bahwa saat ini sudah ada perubahan kebijakan," katanya lagi.

Susi juga mengatakan bahwa Indonesia harus menjaga kedaulatan dengan tidak membiarkan adanya tindakan monopoli di sektor perikanan laut lepas.

"Saya ingin apa pun yang terjadi, terutama perikanan di laut lepas tidak boleh dikapling oleh satu atau beberapa birokrasi. Apa yang terjadi sekarang, kalau kita sampai mengalah, hal yang lama akan terjadi kembali. Kita tidak boleh begini di zaman globalisasi dan transparansi, kedaulatan kita dikuasai ribuan kapal asing," tukasnya.

Menteri Susi Ingin Pegawai KKP Menjadi Pelopor Perubahan

Penulis : Siprianus Jewarut, Nugrahenny Putri Untari
×
×