logo





Susi Pudjiastuti Sebut Sikap Tegasnya Mampu Membawa Perubahan di Sektor Kelautan dan Perikanan

Menteri Susi juga mengatakan bahwa ketegasan memerangi illegal fishing juga membuktikan bahwa negara ini bisa mengubah sesuatu dalam jangka yang cepat

10 Juli 2017 14:30 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. JITUNEWS/Johdan A.A.P

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti mengakui bahwa sifat tegasnya dalam memimpin KKP selama kurang lebih 3 tahun sudah memberi perubahan yang cukup signifikan di lingkungan KKP.

Menteri Susi: Kedaulatan Laut Harus Menjadi Milik Nelayan Indonesia

"Meskipun saya tau tidak sedikit yang membenci sepak terjang saya sejak tiga tahun terakhir, tetapi fakta menujukan bahwa sudah ada perubahan di sektor kelautan dan perikanan saat ini," ujarnya, Senin (10/7).

Ia menjelaskan bahwa sorotan yang paling besar dirasakan saat KKP terus memerangi perilaku illegal Fishing dan meneggelamkan kapal asing pencuri ikan.


KKP Kerjasama dengan Interpol, Lakukan Penangkapan Kapal Asing di Perairan Anambas

"Saya rasa hasilnya sudah sangat lumayan. Ketegasan memerangi illegal fishing juga membuktikan bahwa negara kita bisa mengubah sesuatu dalam jangka yang cepat," tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa kinerja KKP saat ini tak bisa dibohongi. Merujuk pada data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Dia merinci nikai tukar nelayan naik hingga 5 persen sampai 7 persen, sementara itu nilai tukar usaha perikanan juga naik 20 persen.

Ia juga menyebutkan bahwa untuk neraca perdagangan saat ini Indonesia sudah menduduki urutan pertama di Asia Tengara khusus untuk perikanan dan ini pertama kalinya terjadi.

"Impor sektor perikanan juga saat ini sudah turun hingga 70 persen," jelasnya.

Dengan melihat fakta ini, lanjut Susi menujukan bahwa kinerja KKP saat ini sudah mengalami peningkatan yang cukup baik dengan memberi perubahan di sektor kelautan dan perikanan.

Atasi Masalah Cantrang, DPR Desak Menteri Susi Lakukan Dialog Dengan Nelayan

Penulis : Siprianus Jewarut, Ratna Wilandari