logo





Buka Puasa Bersama Diikuti Berbagai Umat Lintas Agama, Ini Kata Ketua PBNU

Ribuan umat dari berbagai lintas agama memenuhi areal GWK guna mengikuti acara buka puasa bersama.

20 Juni 2017 21:22 WIB

Buka puasa bersama kebangsaan yang diikuti oleh umat lintas agama di Nusa Dua, Badung, Selasa (20/6)
Buka puasa bersama kebangsaan yang diikuti oleh umat lintas agama di Nusa Dua, Badung, Selasa (20/6) Dok.Jitunews.com (Puji Sukiswanti)

NUSA DUA, JITUNEWS.COM- Ribuan orang dari berbagai lintas agama memenuhi areal berkapur kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Nusa Dua, Badung, Selasa (20/6). Mereka mengikuti acara buka puasa bersama yang digagas oleh Kodam IX Udayana.

Kasus Rizieq di Polda Bali, Kuasa Hukum: Kenapa Lapornya Baru Sekarang?

Tak hanya lintas Agama, berbagai ormas kepemudaan juga ikut terlibat dalam acara penuh keakraban ini. Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Kiai Said Aqil Siradj mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting lantaran dihadiri oleh berbagai umat lintas agama.

"Menurut kami acara ini sangat penting sekali karena berbuka bersama dengan masyarakat yang berbeda agama, mulai dari agama Kristen, Hindu, Konghucu serta Budha dan ini sangat luar biasa," jelasnya.


Jokowi: Wisatawan Mancanegara Lebih Mengenal Bali Dibandingkan Indonesia

Dia menerangkan, dengan digelarnya acara buka puasa bersama ini menunjukkan bahwa masyarakat Bali, sudah dewasa dan bermartabat serta berbudaya sebagai anak bangsa untuk menerima perbedaan.

"Ada orang yang menjual agama karena kepentingan sesaat, itu orang yang tidak mengerti agama dan itu akan mudah sekali menggunakan agama demi kepentingan kelompoknya dan politiknya. Yang benar adalah agama untuk membawa kedamaian, kerukunan itu yang benar dan itu bisa dilihat dari masyarakat Bali," terangnya.

Selain buka puasa bersama, kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan pemberian bingkisan kepada anak-anak panti asuhan. Khususnya kepada anak-anak panti asuhan Yayasan Al Fattah Taman Griya Nusa Dua dan Baitul Mutaqim Jimbaran, Badung.

Ribuan Umat Ikuti Buka Puasa Kebangsaan di Bali

Penulis : Puji Sukiswanti, Ratna Wilandari