logo





Ini Alasan Kenapa Bunga Kredit Susah Turun

Saat ini, rata-rata bunga kredit masih berada di level dua digit yakni 11 persen sedangkan bunga deposito sekitar 6 hingga 7 persen.

20 Juni 2017 20:30 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Saat ini, rata-rata bunga kredit masih berada di level dua digit yakni 11 persen sedangkan bunga deposito sekitar 6 hingga 7 persen. Ada faktor yang mempengaruhi hal tersebut.

Jangan Sepelekan Kekuatan Uang Receh, Begini Cara Memanfaatkannya

Menurut Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Tirta Segara mengungkapkan bahwa saat ini perbankan Indonesia masih mencatat margin bunga bersih (Net Interest Margin/ NIM) dan kredit bermasalah sehingga menyebabkan tingkat bunga kredit yang lambat menurun dibandingkan dengan deposito.

"NIM perbankan di Indonesia umumnya tinggi disesuaikan tingkat resiko yakni NPL dan masih ada bank yang konsolidasi. Jadi NIM cukup tinggi sehingga suku bunga kredit double digit meski bunga depositonya single digit," ungkapnya.


Syarat Pengajuan Berbelit Sebabkan Penyerapan KUR Tak Optimal

Sementara itu, ia bercerita pada bulan April 2017 yang lalu rasio kredit bermasalah tercatat 3,1 persen dan rasio kecukupan modal perbankan sebesar 22,6 persen sedangkan rasio liquiditas berada pada level 21,6 persen.

Program OK OCE Dimodali Perbankan Bukan APBD

Penulis : Ratna Wilandari