logo





Doyan Kerokan, Pliiis Jangan Lakukan di Bagian Ini

Hal yang buruk sangat mungkin terjadi jika penderita hipertensi melakukan kerokan pada bagian leher.

12 Mei 2017 17:55 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Masuk angin adalah gejala kondisi tubuh yang membuat gairah untuk melakukan aktivitas seketika menurun. Selain minum obat, masyarakat di tanah air kerap kali menuntaskan masuk angin dengan cara 'kerokan'.

Hati-hati Makanan Ini Bisa Bikin Asam Uratmu Kambuh

Indonesia yang hanya mengenal dua musim, penghujan dan kemarau, acap kali dianggap menjadi penyebab dari serangan masuk angin, khususnya saat musim panca roba berlangsung.

Kerokan adalah salah satu jalan untuk menyudahi masuk angin, yang dalam segi medis istilah masuk angin tidak ditemukan.


Sering Berkeringat di Malam Hari? Bisa Jadi Anda Terkena Penyakit Berbahaya

Tapi belakangan, kerokan yang dipercaya dapat menyembuhkan masuk angin paling jitu rupanya tidak baik dilakukan oleh orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Mengingat, kerokan menyebabkan membesarnya pori-pori kulit yang sangat memungkinkan terjadinya hal buruk bagi para penderita hipertensi.

Setidaknya hal tersebut disampaikan oleh dr Prasna Pramita, SpPD, yang saat ini bertugas di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta.

Hal yang buruk sangat mungkin terjadi jika penderita hipertensi melakukan kerokan pada bagian leher. Bukan tak mungkin kerokan dapat memecahkan pembuluh darah besar dan dampak terburuknya adalah kematian.

Setidaknya, walaupun pembuluh darah besar tidak pecah tetapi hanya pembuluh kecil saja yang pecah, dampaknya tetap saja negatif. Dengan pecahnya pembuluh darah kecil, maka fungsi kerja otak sebagai kotak memori bakal terganggu.

Profesor Dr. dr. Didik Gunawan Tamtomo, PAK, MM, MKes rupanya sepakat dengan dr Prasna yang menjelaskan sebaiknya area leher tidak dikerok, khususnya pada bagian depan leher.

Bukan cuma pembuluh darah, di area tersebut juga ada tulang rawan yang berkaitan dengan saluran pernafasan. Saraf-saraf dikhawatirkan dapat mengalami kerusakan dan menyebabkan masalah kesehatan kalau dikerok. Pria ini menyarankan untuk kerokan hanya di area punggung atau lengan.

Awas, Jangan Campurkan Susu dengan Teh!

Penulis : Syukron Fadillah