logo


Tahun Depan, Pemerintah Bangun 47 Pembangkit Diesel

Pembangkit listrik sangat dibutuhkan oleh masyarakat di perbatasan seperti di Pulau Timor barat

8 Desember 2014 16:42 WIB

pembangunan pembangkit diesel
pembangunan pembangkit diesel

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo,siap membangun 47 pembangkit diesel di wilayah-wilayah terluar Indonesia tahun depan. Dengan dibangunnya pembangkit tersebut sekaligus untuk menghapus ketergantungan suplai listrik di kawasan tersebut dari negara tetangga.

"Semoga pas Hari Kemerdekaan Indonesia semua pembangkit sudah selesai dibangun," katanya Senin (8/12) di Jakarta.

Menurutnya, pembangkit listrik sangat dibutuhkan oleh masyarakat di perbatasan. Seperti di masyarakat Pulau Timor sebelah barat, yang sampai saat ini masih mengandalkan pasokan listrik dari Timor Leste.


Presiden Minta Pembangunan di Daerah Harus Fokus pada Produk Unggulan Masing-masing

"Timor Leste memiliki kapasitas listrik sebesar 150 megawatt (MW). Namun, penggunaan listriknya hanya sebesar 110 MW sehingga menyebabkan surplus listrik sebesar 40 MW. Sedangkan di Timor Barat defisit listrik. Akhirnya, listrik Timor Leste mengalir ke Timor Barat" katanya.

Guna memuluskan rencana pembangunan pembangkit tersebut, pemerintah akan mempermudah izin pendiriannya. "Nantinya kita sederhanakan izin ini karena presiden juga tak ingin kawasan perbatasan negara tetangga lebih maju dibanding kawasan perbatasan negara kita" katanya

Wacana Pembangunan 'Disneyland' di Boyolali, Begini Respon Pramono Anung

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid
×