logo


Andhika Surya Gumilar, Antara Dunia Tambang dan Cintanya untuk SMA Taruna Nusantara

Andhika, selepas lulus dari SMA Taruna Nusantara tahun 2002 lalu, kemudian melanjutkan pendidikannya di salah satu universitas ternama di Indonesia, Institut Teknologi Bandung. Ia mengambil jurusan Teknik Pertambangan

2 Mei 2017 20:35 WIB

Andhika Surya Gumilar (Calon Ketua Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara).
Andhika Surya Gumilar (Calon Ketua Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara). Jitunews/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - SMA Taruna Nusantara memang terkenal menelurkan tokoh-tokoh kaliber papan atas, sebut saja Agus Harimurti Yudhoyono. Agus berhasil melejit namanya menjadi calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada serentak tahun 2017 ini. Namun ada nama lain yang kini mulai menyeruak ke permukaan yang sudah dikenal mumpuni dalam dunia pertambangan. Andhika Surya Gumilar namanya, pria kelahiran Aceh tanggal 5 Oktober 1984 ini telah malang melintang di dunia pertambangan.

Stop Memancing di Air Keruh dalam Negosiasi dengan Freeport

Andhika, selepas lulus dari SMA Taruna Nusantara tahun 2002 lalu, kemudian melanjutkan pendidikannya di salah satu universitas ternama di Indonesia, Institut Teknologi Bandung. Ia mengambil jurusan Teknik Pertambangan.

Tak seperti kebanyakan alumni Taruna Nusantara yang lebih memilih berkarier di militer dan kepolisian, ia terpanggil untuk mengabdi sebagai seorang sipil dan menjadi ahli pertambangan. Kata Andhika, lulusan Taruna Nusantara harus siap mengabdi kepada bangsa dan negara di bidang mana pun.


Kurtubi: Freeport Harus Angkat Kaki dari Indonesia Setelah KK Berakhir

Yah itulah pilihan jalur pengabdian Andhika yang kini menjabat sebagai Komisaris PT Mucoindo Prakarsa, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang konsultan pertambangan.

Tim Jitunews.com beruntung dapat bertemu dan melakukan wawancara dengan Andhika di tengah-tengah kesibukannya. Apalagi akhir-akhir ini mantan aktivis mahasiswa ITB itu semakin sibuk lantaran didorong oleh para alumni SMA Taruna Nusantara untuk menjadi calon ketua Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (Ikastara) tahun periode 2017-2020.

Walhi: Pemerintah Tak Konsisten, Freeport Jadi Berkuasa

Selanjutnya >
Penulis : Vicky Anggriawan