logo


Menelisik Peringatan Hari Buruh di Beberapa Negara

Tepat hari ini pula di sejumlah negara seperti, Rusia, Tiongkok, Thailand, Vietnam dan Indonesia, menjadikan tanggal 1 Mei sebagai hari libur nasional

1 Mei 2017 14:13 WIB

Jaringan Buruh Migran dan Catatan Hitam Buruh Perempuan dalam peringatan Mat Day 2016
Jaringan Buruh Migran dan Catatan Hitam Buruh Perempuan dalam peringatan Mat Day 2016 Luviana

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pada umumnya di berbagai negara, Hari Buruh 'May Day' menjadi hari libur yang biasa dirayakan setiap tanggal 1 Mei. 

Fadli Zon Perjuangkan Upah Buruh Layak

Namun di Inggris, 1 Mei tidak masuk dalam kalender libur nasional. Baru tahun ini, pemerintah Inggris mengumumkan, bahwa 1 Mei menjadi hari libur nasional.

Perayaan tradisional 'May Day' di Inggris, sebagian warga membuat tugu peringatan dari tiang dedaunan yang berbentuk mirip Mahkota Ratu Inggris (May Queen). Kemudian, penduduk setempat menari sambil menyanyi mengelilinginya.


Massa Aksi Demo : Tuanku ya Rakyat, Gubernur Hanya Mandat!

Ini adalah momen pertama dalam sejarah Negeri Ratu Elizabeth itu, di mana warga lokal di kota-kota besar hingga desa terpencil juga ikut serta merayakannya bersamaan dengan festival perayaan musim semi dan rasa syukur atas kesuburan tanah dan ternak.

Sementara itu di tempat berbeda, Hari Buruh di India pertama kali dirayakan di kota Chennai pada 1 Mei 1923 silam. Inisiatif tersebut diambil oleh Partai Buruh Kisan Hindustan. Pemimpin partai, Kamerad Singaravelar mengatur dua pertemuan untuk merayakan momen tersebut.

Rapat pertama diselenggarakan di kawasan Triplicane, dan pertemuan kedua berlangsung di area sekitar Pengadilan Tinggi Madras. Dalam pertemuan tersebut, Singaravelar mengeluarkan sebuah resolusi yang menyatakan bahwa pemerintah India harus mengumumkan hari libur nasional pada peringatan 'May Day'.

Singaravelar juga menekankan perlunya tidak melakukan kekerasan dalam organisasi partai politik. Ini adalah pertama kalinya bendera merah dikibarkan di India.

Sekedar informasi, Hari Buruh dirayakan setiap tahun sebagai hari libur resmi di sejumlah negara untuk menghormati hak asasi dan prestasi para pekerja.

Sebagian pekerja di beberapa negara selalu merayakan Hari Buruh dengan berpawai atau melakukan unjuk rasa dan menggelar aksi sosial. Ragam acara lainnya juga dihelat oleh Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) untuk merayakan hari tersebut.

Hari Buruh menjadi momen khusus ketika orang-orang di seluruh dunia merayakan semangat serta penghargaan mereka bagi kelas pekerja. Ini juga sebagai hari ketika para pekerja berkumpul dan menunjukkan kekuatan mereka yang menunjukkan seberapa efektif mereka dalam berjuang untuk mewujudkan reformasi positif bagi kelas masyarakat bawah.

Tepat hari ini pula di sejumlah negara seperti, Rusia, Tiongkok, Thailand, Vietnam dan Indonesia, menjadikan tanggal 1 Mei sebagai hari libur nasional.

Ribuan Massa Aksi Terhenti Langkahnya Menuju Istana Negara

Penulis : Ferro Maulana, Aurora Denata
×
×