logo


Kisah Silam "Kutu Loncat" Sukamdani Sahid Group

Sedari kecil Sukamdani sudah sering membantu orangtuanya berjualan, beranjak dewasa Sukamdani sering berganti-ganti tempat kerja

27 April 2017 13:46 WIB

Sukamdani Sahid Gitosardjono pendiri Sahid Group
Sukamdani Sahid Gitosardjono pendiri Sahid Group Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pendiri Sahid Group, Sukamdani Sahid Gitosardjono, lahir di Solo pada tanggal 14 Maret 1928. Beliau adalah putra R. Sahid Djogosentono dan R. Ngt. Hj Sadinah. Sedari kecil Sukamdani sudah sering membantu orang tuanya berjualan. Beranjak dewasa Sukamdani sering berganti-ganti tempat kerja.

Ungguli Obama, Jokowi Urutan Ketujuh Polling Majalah TIME

Pada tanggal 14 Maret 1953 Sukamdani menikah dengan Juliah, anak Mangkunagaran. Di awal pernikahannya, Sukamdani menyewa sebuah tempat untuk membuka usaha percetakan yang diberi nama NV Harapan Massa. Setelah itu Sukamdani membangun usaha hotel yang didirikan di Solo dan sampai sekarang beliau sudah membangun beberapa hotel di beberapa kota di Indonesia. 

Selain membuka usaha di bidang perhotelan, Sukamdani juga membuka usaha di bidang pendidikan dengan mendirikan beberapa sekolah swasta di bawah naungan Sahid Group. Beberapa tahun berikutnya mulai tumbuh hotel-hotel baru dan usahanya berkembang pesat di antaranya di bidang industri, perdagangan kertas, biro perjalanan, pariwisata, pertanian, konstruksi, dan perkebunan.


Adjeng Ratna Suminar, Sosok Perempuan dan Politisi Tangguh

Sukamdani dan Juliah dikaruniai 5 orang anak, yakni Nugroho Budisatrio, Hariyadi Budisantoso, Sarwo Budi Wiyanti, Ezacty Budiarsi, dan Sri Bimastuti Handayani. Kelima orang anaknya turut membantu mengelola bisnis di bawah naungan Sahid Group. 

Ada empat divisi dalam Sahid Group, dan keempat divisi tersebut dipimpin oleh anak-anaknya. Yakni Divisi Bisnis dan Kesejahteraan, Divisi Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan, Divisi Kesehatan dan Sosial Masyarakat, serta Divisi Usaha Sejahtera Terpadu Padepokan Sahid Wisata Gunung Menyan.

Mengukur Jurkam Seleb Cagub DKI, Koalisi Mana Lebih Kuat?

Penulis : Aurora Denata
×
×