logo


Andi Mallarangeng Bebas, KPK ‘Kecewa’, Ini Alasannya

Walau sudah bebas, Andi diwajibkan tetap melapor ke Balai Pemasyarakatan Kelas I Bandung.

22 April 2017 06:45 WIB

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alfian Mallarangeng.
Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alfian Mallarangeng. dok. Facebook/Iwan Manasa

BANDUNG, JITUNEWS.COM – Jumat (21/4) kemarin, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Alfian Mallarangeng, diketahui mendapat cuti menjelang bebas selama tiga bulan. Andi lantas meninggalkan Lapas Sukamiskin, Bandung.

KPK Tetapkan Choel Mallarangeng Jadi Tersangka

Dikatakan, Kalapas Sukamiskin Dedi Handoko, Andi bebas dari Balai Pemasyarakatan (Bapas Bandung) Bandung, Jalan Kiaracondong, Jumat sekitar pukul 16.30 WIB. 

Kala itu Dedi mengatakan, Andi langsung pulang tanpa diantar petugas Bapas.


Tahanan Kasus Korupsi, Sanusi dan Andi Zulkarnaen Mallarangeng Bakal Nyoblos di Gedung KPK

"Tadi dia dari Bapas Kiaracondong perginya. Langsung pulang, tidak kita antar. Semua barang sudah diangkut," beber Dedi, seperti diwartakan detikcom, Jumat (21/4).

Namun ternyata, walau sudah bebas, lanjut Dedi, Andi diwajibkan tetap melapor ke Balai Pemasyarakatan Kelas I Bandung.

Sementara itu di kesempatan berbeda, terkait kebebasan Andi tersebut, Juru Bicara KPK Febri Diansyah, pun angkat bicara. Ia mengatakan, seharusnya aturan pemotongan cuti menjelang bebas, remisi, bebas bersyarat terhadap terpidana kasus korupsi tidak usah diberikan.

"Kecuali yang bersangkutan menjadi justice collaborator. Jangan sampai ada peraturan yang meringankan tindakan korupsi," beber Febri di Gedung KPK Jakarta selatan, Jumat (21/4).

Meski begitu, Febri menuturkan, hal tersebut bukanlah kewenangan KPK lagi. Menurutnya, saat ini KPK berfokus kepada penanganan kasus proyek Hambalang yang menyeret Choel Mallarangeng.

"Seseorang yang sudah menjalani proses hukum sesuai hukuman yang sudah diberikan bukan domain KPK lagi, tapi kewenangan lapas. KPK fokus pada perkara yang sedang ditangani saat ini di tingkat penuntutan," tutup Febri.

Bebas dari Penjara, Andi Mallarangeng Sujud Syukur

Penulis : Riana