logo





Beredar Rumor Ahok Bakal Jadi Mendagri, Yusril: Dagelan Belaka

Sebelumnya, beredar di pesan singkat WhatsApp, bahwa Ahok dikabarkan akan mengundurkan diri sebagai Gubernur DKI pada 30 Juli 2017 dan Djarot menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta.

22 April 2017 05:30 WIB

Ilustrasi, Ahok dan Yusril Ihza Mahendra.
Ilustrasi, Ahok dan Yusril Ihza Mahendra. dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Beredar kabar di media sosial, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan diangkat Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) setelah kalah dari kontestasi Pilkada DKI Jakarta 2017.

Disebut Dukung Anies-Sandi, Yusril: "Belum Ambil Sikap"

Terkait kabar tersebut, pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra pun angkat suara. Yusril beranggapan rumor itu hanyalah sekadar guyonan. 

"Kabar bahwa Ahok akan melantik Anies itu, hemat saya itu hanya dagelan belaka," tutur Yusril dalam keterangannya, Jumat (21/4).


Yusril Belum Persiapkan Diri untuk Jadi Saksi Ahli Kasus Rizieq

Menurut Yusril, meski nantinya Ahok benar diangkat Presiden Jokowi menjadi Mendagri, namun kemungkinan Ahok akan melantik Anies-Sandi sangat kecil.

Pasalnya, kata Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) itu, berdasarkan Pasal 163 UU No 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua UU Pemda dengan tegas mengatakan bahwa Gubernur dan Wakil Gubernur dilantik oleh Presiden di Ibu Kota Negara. Bila Presiden berhalangan, maka dilantik oleh Wakil Presiden.

"Jika Presiden dan Wakil Presiden sama-sama berhalangan barulah dilantik oleh Mendagri," kata Yusril. 

Oleh sebab itu, kata mantan Menteri Hukum dan HAM era presiden Gus Dur itu, bahwa kemungkinan Ahok (jika jadi Mendagri) melantik Anies-Sandi, itu sangat kecil.

"Kalau benar dilantik jadi Mendagri oleh Presiden Joko Widodo, melantik Anies dan Sandi menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI itu sangat kecil kemungkinannya. Bisa dikatakan itu hanya dagelan belaka," tukas Yusril. 

Sebelumnya, beredar di pesan singkat WhatsApp, bahwa Ahok dikabarkan akan mengundurkan diri sebagai Gubernur DKI pada 30 Juli 2017 dan Djarot menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta.

Masih berdasarkan pesan singkat tersebut, pada 25 Agustus 2017, dilaksanakan reshuffle Kabinet Kerja dan Ahok diangkat menjadi Mendagri menggantikan Tjahjo Kumolo. Menanggapi hal itu, Ahok hanya berkomentar singkat.

"Enggak ada kata Ahok mengundurkan diri orangnya. Mana pernah Ahok mundur, maju terus," ujar  Ahok, di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (21/4).

Kata Yusril, daripada Protes Soal Pencekalan, Novanto Sebaiknya Lakukan Ini..

Penulis : Riana