logo


Mahasiswa Diajak Berwirausaha

Untuk memulai wirausaha ada tiga hal yang harus pertimbangkan, pertama produk apa yang ingin dijual, kedua memastikan apakah produk tersebut bisa terjual dan ketiga menentukan target pasar.

21 April 2017 16:30 WIB

Seminar Nasional bertema peran wirausaha dalam kemandirian ekonomi Indonesia di Aula Kampus IV Universitas Pasundan, Bandung, Kamis (20/4/2017).
Seminar Nasional bertema peran wirausaha dalam kemandirian ekonomi Indonesia di Aula Kampus IV Universitas Pasundan, Bandung, Kamis (20/4/2017). Dok. depkop.go.id

BANDUNG, JITUNEWS.COM - Berdasarkan data Bank Indonesia jumlah wirausaha di Indonesia saat ini baru mencapai 3,1 persen dari total penduduknya. Angka tersebut jauh tertinggal dibandingkan dengan jumlah wirausaha di negara Asia Tenggara lain.

Bersarung dan Berpeci, Presiden Jokowi Tinjau Metro Kapsul LRT di Bandung

Hal itu diungkapkan Sekretaris Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Agus Muharam dalam sebuah seminar nasional di Aula Kampus IV Universitas Pasundan, Bandung, Kamis (20/4/2017).

"Jadi Seminar Nasional bertema peran wirausaha dalam kemandirian ekonomi Indonesia ini, sangat penting, untuk mendongkrak munculnya wirausaha baru," kata Agus.

Agus menjelaskan, untuk memulai wirausaha ada tiga hal yang harus pertimbangkan, pertama produk apa yang ingin dijual, kedua memastikan apakah produk tersebut bisa terjual dan ketiga menentukan target pasar.

"Jadi memulai bisnis itu tidak sulit. Asalkan sudah ada barang (atau jasa/layanan) yang akan dijual dan bisa menjaga kepercayaan terhadap pelanggan atau pembeli baik saat menjual maupun purna jualnya," jelas Agus.

Syarat menjadi wirausaha yang sukses itu, tambah Agus, ada lima. Meliputi knowledge (pengetahuan), skill (ketrampilan), network (jejaring pertemanan), opporunity challenge (kemampuan menciptakan/memanfaatkan peluang) dan mental attitude (sikap atau perilaku) yang pantang menyerah.

Sementara itu, Ketua Bidang Ekonomi Kreatif dan Telekomunikasi BPD Hipmi Jabar Jimmy Hendrik mengatakan keinginan pemerintah menambah jumlah wirausaha muda Indonesia harus direspon mahasiswa dengan sebaik baiknya.

"Kalau ingin menjadi wirausaha yang sukses. Saat ini yang cocok terjun ke bidang industri kreatif, sebab eksekusinya lebih mudah, apalagi Bandung adalah pusatnya Industri kreatif di Indonesia," kata Jimmy.

Terlebih, jelas Jimmy semua disiplin ilmu ada di Unpas. Jadi mahasiswa Unpas bisa berkolaborasi secara bersama-sama mengcreate produk, mempelajari manajemen pemasarannya dan tidak kalah pentingnya mempelajari manajemen keuangannya.

"Jadi ada yang membikin produk, ada yang memasarkan ada yang memanage perusahaannya, " jelas Jimmy.

Wakil Rektor I Unpas Jaja Suteja mengatakan kalau ingin menjadi wirausaha mahasiswa itu harus bisa didorong keluar dari zona nyaman (out of the box).

"Dan disini kita akan mendorong mahasiswa itu mencintai dunia wirausaha. Tentunya dengan disiplin ilmu. Pada sisi yang lain, mahasiswa itu didorong. Mental dan attitude-nya, dan apa yang dikatakan pak Agus Muharram tadi benar, untuk jadi seorang wirausaha mahasiswa tak boleh lagi jadi anak mama, " jelas Jaja.


Mengaku Anggota Polisi, Jambret Sadis Ini Seret Korbannya Hingga 1 KM

Universitas Esa Unggul Luluskan Generasi Muda Berkualitas dan Berdaya Saing Global

Penulis : Marselinus Gunas