logo





Dahlan Iskan Divonis 2 Tahun Penjara, Pendukung Teriak Takbir

Meski dijatuhi vonis dua tahun penjara, Dahlan masih berstatus sebagai tahanan kota.

21 April 2017 15:43 WIB

Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan (tengah) menjawab pertanyaan awak media selepas menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, Senin (31/10).
Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan (tengah) menjawab pertanyaan awak media selepas menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, Senin (31/10). Antara

SIDOARJO, JITUNEWS.COM - Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) menjatuhkan vonis dua tahun penjara dan denda Rp100 juta kepada Dahlan Iskan atas tuduhan dugaan korupsi pelepasan aset PT Panca Wira Usaha (PWU). Meski dijatuhi vonis dua tahun penjara, Dahlan masih berstatus sebagai tahanan kota.

Sakit, Status Dahlan Iskan Dialihkan Jadi Tahanan Kota

"Menjatuhkan terdakwa dengan hukuman pidana penjara selama dua tahun. Mewajibkan terdakwa membayar denda Rp100 juta dengan ketentuan jika tidak membayar akan diganti dengan hukuman kurungan selama dua bulan," kata Hakim Ketua, M Tahsin, Jumat (21/4/2017).

Vonis tersebut langsung mendapat reaksi dari sejumlah pendukung Dahlan yang hadir guna memberikan semangat bagi mantan PT Panca Wira Usaha (PWU) tersebut. "Allahu Akbar! Astagfirullah!" pekik para pendukung Dahlan di dalam ruang sidang sesaat setelah vonis dibacakan.


Ini Eksepsi Lengkap yang Dibacakan Dahlan Iskan dengan Tersedu-sedu

Vonis yang dijatuhkan hakim lebih rendah dari tuntutan jaksa pada sidang sebelumnya, yang menuntut Dahlan enam tahun penjara.

"Terdakwa terbukti telah melanggar Pasal 2 ayat (1) Undang-Undang Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) dan dituntut enam tahun penjara," kata Jaksa Penuntut Umum, Trimo, ketika membacakan tuntutannya di Pengadilan Tipikor Surabaya di Sidoarjo, Jumat (7/4).

Sebelumnya, Dahlan disebut telah melakukan korupsi penjualan aset di Kediri dan Tulungagung pada tahun 2003 silam. Penjualan aset tersebut dinilai telah merugikan negara lebih dari Rp11 miliar. 

Jaksa Agung : Kasus Dahlan Iskan Tidak Terkait Politik

Penulis : Nugrahenny Putri Untari