logo





Bertolak ke Australia, Wapres AS: Terima Kasih Indonesia!

Kunjungan Pence ke Indonesia merupakan bagian dari rangkaian kunjungannya ke sejumlah negara di Asia.

21 April 2017 14:15 WIB

Presiden Jokowi saat menerima Wapres AS Mike Pence di Istana Merdeka, Jakarta (20/4).
Presiden Jokowi saat menerima Wapres AS Mike Pence di Istana Merdeka, Jakarta (20/4). Setkab.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Mike Pence, resmi mengakhiri kunjungannya di Indonesia, Jumat (21/4/2017). Pence beserta rombongan meninggalkan Tanah Air menggunakan pesawat kenegaraan AS. 

Politik Luar Negeri Amerika Serikat di Bawah Presiden Baru Terpilih

"Terima kasih Indonesia. Kunjungan yang luar biasa. Saya sangat menantikan kelanjutan kerja sama strategis kita. Pemberhentian selanjutnya, Australia," tulis Pence melalui akun Twitter resmi Wapres AS, @VP.

Sebelumnya, orang nomor dua di negeri Paman Sam tersebut telah melakukan sejumlah pertemuan yang membahas kerja sama bilateral AS dan Indonesia. 


Trump Gembira Samsung Bangun Pabrik di Amerika Serikat

"Menguatnya perekonomian AS akan berdampak pula pada penguatan ekonomi Indonesia dan para partner dagang kami," kata Pence. 

Kerja sama AS dan Indonesia nantinya, menurut Pence, akan mengedepankan prinsip win-sin solution yang akan menguntungkan kedua negara secara seimbang. 

"Kami yakin dapat melewati rintangan, sehingga para eksportir dari Amerika dapat masuk ke pasar Indonesia, seperti halnya para eksportir Indonesia yang berada di Amerika selama ini," kata Pence dalam pidatonya, Kamis (20/4).

Kunjungan Pence ke Indonesia merupakan bagian dari rangkaian kunjungannya ke sejumlah negara di Asia. Selain mengadakan pertemuan bilateral, Pence juga sempat mengunjungi Masjid Istiqlal dan menikmati hiburan berupa Tari Pendet. 

Amerika Serikat Sampaikan Selamat untuk Suksesnya Pilkada di Indonesia

Penulis : Nugrahenny Putri Untari