logo


Sekilas Kisah dan Sejarah Pasar Klewer yang Diresmikan Jokowi Hari Ini

Terletak di Jalan Dr Radjiman, bangunan Pasar Klewer telah ada sejak tahun 1942 dan peresmiannya dilakukan oleh Presiden Soeharto pada 9 Juni 1971.

21 April 2017 10:26 WIB

Presiden Jokowi meresmikan kembali Pasar Klewer, di Solo, Jumat (21/4/2017).
Presiden Jokowi meresmikan kembali Pasar Klewer, di Solo, Jumat (21/4/2017). Biro Pers Setpres

SOLO, JITUNEWS.COM - Pasar Klewer, atau yang dulu bernama Pasar Slompretan, merupakan salah satu ikon kota Solo yang mungkin paling dikenal para wisatawan. Nama 'Pasal Slompretan' berasal dari kata 'slompret' yang memiliki arti 'terompet', karena lokasi pasar yang dulu memang berada di dekat pemberhentian kereta api. Dahulu, bunyi klakson kereta api menyerupai bunyi terompet.

Blok E Pasar Klewer Hangus Dilalap Si Jago Merah

Sementara, asal-usul nama 'klewer' juga berasal dari bahasa Jawa 'kleweran' yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti 'berjuntai' atau dengan kata lain, tidak beraturan, menggambarkan barang dagangan di pasar tersebut yang susunannya tidak beraturan.

Terletak di Jalan Dr Radjiman, bangunan Pasar Klewer telah ada sejak tahun 1942 dan peresmiannya dilakukan oleh Presiden Soeharto pada 9 Juni 1971. Terdiri dari dua lantai, pengunjung dapat dengan leluasa menyusuri setiap koridor pasar yang dipenuhi aneka macam dagangan yang berjuntai. Meski terkesan penuh dan sempit, ciri khas ini lah yang menjadikan Pasar Klewer diminati banyak orang. Pengunjung seolah merasakan sensasi tersendiri ketika berbelanja.


Pasar Klewer Siap Digunakan, Pedagang Tak Perlu Sewa Kios

Jenis dagangan di Pasar Klewer memang beraneka ragam, mulai dari kain, pakaian, baju batik, dan lain-lain. Makanan dan jajanan tradisional seperti dawet, soto, timlo, juga menghiasi pemandangan bagian luar pasar. Di seberang pasar juga terdapat Masjid Agung Kauman yang juga merupakan daya tarik pariwisata kota Solo. Selain itu, pengunjung dapat menikmati suasana alun-alun lor (utara) yang juga terletak tidak jauh dari lokasi pasar.

Bangunan Pasar Klewer yang diresmikan Presiden Jokowi hari ini, Jumat (21/4/2017) merupakan bangunan baru yang dibangun kembali setelah kebakaran hebat melanda pasar tersebut pada Desember 2014 silam. 

Kebakaran tersebut menghanguskan Los Blok D dan E. Api yang membakar pasar itu terhubung dengan Jalan Supit Urang yang padat kendaraan. Luasnya pasar membuat petugas pemadam sampai mengerahkan lima unit mobil pemadam kebakaran di lokasi. Kebakaran terjadi sekitar pukul 20.00 WIB di blok tersebut.

Selama proses pembangunan ulang berlangsung, para pedagang terpaksa berjualan di pasar sementara Pasar Klewer yang digelar di alun-alun lor Solo. 

HPPK Imbau Pedagang Pasar Klewer Segera Lengkapi Administrasi

Penulis : Nugrahenny Putri Untari