logo


Rektor UNS Sebut Kementan Perlu Optimalkan Kearifan Lokal di Sektor Pangan

Pemerintah dalam hal ini kementerian pertanian perlu mengoptimalkan kearifan lokal di sektor pangan.

2 April 2017 12:51 WIB

Ilustrasi sawah terendam banjir.
Ilustrasi sawah terendam banjir. beritadaerah.co.id

SURAKARTA, JITUNEWS.COM- Rektor Universitas Sebelas Maret(UNS) Ravik Karsidi, mengatakan bahwa untuk meningkatkan produksi di sektor pangan, pemerintah dalam hal ini kementerian pertanian perlu mengoptimalkan kearifan lokal di sektor pangan.

“Potensi kearifan lokal kita di sektor pangan sangat banyak, tinggal bagaimana pemerintah mengolah semuanya agar mampu meningkatkan produksi dan mendukung target swasembada pangan,” demikian kata Rektor Universitas Sebelas Maret(UNS) Ravik Karsidi seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Jitunews.com, Minggu(2/4).

Lebih lanjut, Ia mengatakan upaya mengoptimalkan peranan sumber daya Pertanian, Perkebunan dan Peternakan merupakan amanah yg diberikan Presiden RI kepada Mentan dalam upaya mencapai swasembada pangan menuju kedaulatan pangan.

Ia juga menggaris bawahi, hal juga menjadi perhatian adalah faktor perubahan iklim yang terus terjadi (climate change). Menurutnya perubahan iklim yang terus menerus berdampak buruk pada produksi di sektor pangan, untuk mengatisipasi hal ini perlu ada langkah optimalisasi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada.

Ravik berharap dengan adanya sejumlah strategi dan langkah cepat di sektor pangan akan mampu meningkatkan produksi hasil pangan dan mampu mengendalikan kuatnya ketergantungan pada komoditas impor.

Kementan Upayakan Penanganan Sektor Pangan Secara Holistik

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Marselinus Gunas
×
×