logo


Inovasi Jitu Awetkan Cabai Hingga 6 Bulan

Pengawetannya sendiri berbasis nanoteknologi.

21 Maret 2017 07:30 WIB

Cabai merah.
Cabai merah. JITUNEWS/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Sekelompok mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, berhasil menelurkan sebuah inovasi jitu sebagai solusi untuk mengawetkan bahan pangan, semisal cabai dan beras.

Wakasin, Inovasi Jitu Ikan Asin Aneka Rasa Made In UNDIP

Rektor Undip, Yos Johan Utama, mengatakan, alat untuk mengawetkan cabai dan beras ini memiliki bentuk kotak yang tidak terlalu besar. Pengawetannya sendiri berbasis nanoteknologi.

Kata Yos, teknologi itu bisa mengawetkan cabai, dan juga beras, selama berbulan-bulan, bahkan hingga tahunan. Wow!


Menteri Susi Dapat Gelar Doktor dari Undip

"Kami membuat suatu alat, yang kemudian alat ini bisa mempertahankan beras empat tahun dan cabai selama enam bulan," ungkap Yos, saat konferensi pers Forum Inovasi Industri di Hotel Sari Pan Pasifik, Jakarta, Senin (20/3).

Yang membanggakan, lanjut Yos, alat tersebut sudah dipakai oleh beberapa Bulog untuk mengawetkan beras, menyusul wilayah lainnya. Sementara untuk pengawetan cabai, masih diuji coba dalam skala laboratorium.

Dilansir dari vivacoid, riset inovasi alat pengawet cabai dan beras oleh mahasiswa Undip ini merupakan salah satu penerima dana inovasi industri dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

 

KKP-Kemristekdikti Tingkatkan Kerja Sama Inovasi Riset dan Beasiswa Doktor Bahari

Penulis : Riana