logo


Sejuta Manfaat Daun Mistis!

Daun yang satu ini ternyata memiliki kandungan Potassium yang tinggi. Bahkan kandungan Potassium ini berjumlah tiga lipat dari pisang.

1 Februari 2017 16:22 WIB

Daun Kelor.
Daun Kelor. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Siapa yang tak kenal dengan daun kelor. Daun yang identik dengan mistis ini ternyata  mengandung sejumlah manfaat. Daun yang satu ini ternyata memiliki kandungan Potassium yang tinggi. Bahkan kandungan Potassium ini berjumlah tiga lipat dari pisang. Vitamin A yang terkandung di dalamnya empat kali lebih banyak dibanding wortel, kalsium dan protein yang berkali-kali lipat lebih banyak daripada susu sapi, dan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan jeruk.

Tanaman yang termasuk dalam keluarga Moringaceae ini juga memiliki sistem perakaran yang rapat dan kuat sehingga sering juga dijadikan penyangga agar tanah tidak tidak longsor. Manfaat daun kelor yang ada telah diteliti dan dijadikan obat berbagai macam penyakit. Berikut adalah khasiat daun kelor dan manfaatnya untuk kesehatan seperti yang dilansir dari manfaate.com:

1. Menyembuhkan dan menjaga kesehatan jantung


​Buah Makasar Obat Darah Tinggi

Penelitian yang dipaparkan dalam Journal Medicinal of Food menunjukkan bahwa hewan uji yang diberikan dosis 200 mg daun kelor per kilogram BB setiap harinya selama 30 hari percobaan menunjukkan bahwa jaringan-jaringan pada jantung jauh lebih terlindungi. Lemak yang menumpuk di pembuluh darah sedikit demi sedikit teroksidasi. Hal ini dapat mencegah terjadinya stroke maupun penyakit gangguan jantung lainnya. Penelitian yang dipublikasikan pada Februari 2009 itu menyimpulkan bahwa manfaat daun kelor dapat berpotensi menjaga kesehatan jantung.

2. Mengobati diabetes

Manfaat daun kelor yang lain adalah mengobati diabetes. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Diabetes menunjukkan bahwa dalam daun kelor terdapat mineral yang diperlukan untuk produksi insulin. Insulin ini berfungsi untuk mengatur kandungan gula dalam darah. Dalam penelitian tersebut dilakukan pemberian dosis daun kelor sebanyak 150 mg per kg BB selama 21 hari. Hasilnya, dapat dikatakan hewan uji bisa melawan diabetes dengan anti-diabetes dari daun kelor

3. Anti-kanker

 Daun kelor juga memiliki zat anti kanker. Kanker adalah keabnormalan sel dalam bertumbuh dan juga menurunkan sistem imunitas. Zat anti-kanker ini merangsang kematian sel sehingga pertumbuhan sel kanker dapat dicegah. Selain itu reproduksi sel kanker dan pertumbuhannya dapat dicegah dengan pemberian dosis secara rutin. Penyakit kanker apa saja yang bisa disembuhkan oleh daun kelor ini belum diketahui.

Berbagai khasiat daun kelor ini ternyata tidak hanya bagus saat dikonsumsi saja, melainkan juga bisa dijadikan obat terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

 

​Konsumsi Ubijalar Ungu BAB Lancar

Halaman: 
Penulis : Ellectrananda Anugerah Ash-shidiqq