logo


Herbalis: Air Perasan Lemon dan Jeruk Nipis Efektif Luruhkan Batu Ginjal

Jeruk lemon dan jeruk nipis mengandung asam sitrat yang tinggi sehingga dapat menghambat proses pengkristalan batu ginjal.

1 Februari 2017 12:08 WIB

Air perasan lemon.
Air perasan lemon. rodalesorganiclife.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Kurang minum air putih dan pola makan yang tidak sehat akan menyebabkan penyakit batu ginjal. Dijelaskan oleh dr. Dharmeizar, Sp.PD-KGH, dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dan Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI), batu ginjal adalah suatu keadaan batu ginjal di dalam saluran kemih (kalkulus uriner) adalah massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih atau infeksi.

Ini Dia Cara Terbaru Sembuhkan Batu Ginjal Tanpa Operasi

Nah, jika Anda didiagnosis menderita sakit ginjal, umumnya dokter memberikan obat-obatan untuk menghancurkan batu ginjal. Namun, untuk mendapatkan hasil yang bagus sebaiknya pengobatan medis untuk batu ginjal diimbangi dengan minum air perasan jeruk lemon dan air perasan jeruk nipis.

Dijelaskan oleh dr. Hj. Nizmawardini, M.Kes, M.Si, dokter ahli herbal (herbalis) dan akupunktur, jeruk lemon dan jeruk nipis mengandung asam sitrat yang tinggi sehingga dapat menghambat proses pengkristalan batu ginjal.


Asam Urat dapat Menyebabkan Timbulnya Batu Ginjal

“Untuk menghambat terjadinya batu ginjal dan meluruhkan batu ginjal, maka air perasan jeruk lemon atau pun air perasan jeruk nipis diminum pada pagi hari, siang hari dan malam hari,” ujar dr. Hj. Nizmawardini.

Cara membuat perasaannya adalah dua buah jeruk lemon atau jeruk nipis diperas, lalu dicampurkan ke dalam segelas air mineral ukuran 200 ml. Sesudah itu, air perasan jeruk lemon maupun air perasan jeruk nipis bisa dikonsumsi.

Jika dilakukan rutin setiap hari, maka batu ginjal tidak terjadi. Kalau pun sudah ada batu ginjalnya, maka dengan minum air perasan jeruk lemon maupun air perasan jeruk nipis, disertai pengobatan medis untuk batu ginjal, maka batu ginjal akan luruh. Meski jeruk lemon dan jeruk nipis rasanya asam, tetapi tidak akan menimbulkan masalah pada lambung, karena di dalam lambung jeruk tersebut akan bersifat basa.

Selain dengan minum air perasan jeruk lemon dan air perasan jeruk nipis, sebaiknya untuk mencegah timbulnya batu ginjal Anda memperbanyak minum air putih yaitu dua liter sehari. Sebagai tolak-ukur Anda cukup minum adalah saat buang air kecil, airnya berwarna jernih. Sementara jika saat buang air kecil, warnanya keruh maka menunjukkan Anda kurang minum air mineral. Pada air kemih yang berwarna keruh inilah, mudah terjadi kristalisasi pembentukan batu ginjal.

Pencegahan lain yang harus dilakukan adalah mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan seperti salada, brokoli, bayam, pisang, pepaya dan lain-lain. Sebaiknya cukup olahraga, 3-5 kali seminggu, serta menghindari makan makanan cepat saji (junk food).

Semoga informasinya bermanfaat ya!

Luruhkan Batu Ginjal dengan Bahan Alami Ini...

Penulis : Riana