logo


Pesan Terakhir Obama, Jangan Diskriminasikan Warga Muslim AS

Obama juga meminta warga AS untuk tetap aktif menjaga demokrasi.

11 Januari 2017 18:10 WIB

Presiden Amerika Serikat Barack Obama memberikan pidato perpisahan di Chicago, Rabu (11/1/2017).
Presiden Amerika Serikat Barack Obama memberikan pidato perpisahan di Chicago, Rabu (11/1/2017). REUTERS

CHICAGO, JITUNEWS.COM - Meski sudah di ujung masa jabatannya, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama meminta warganya untuk menolak aksi diskriminasi terhadap warga muslim AS. Lebih dari itu, Obama juga memotivasi warganya untuk tidak menyerah dalam ketakutan.

Oh, Begini Balasan AS ke Saudi Setelah Terima 460 M Dollar


Selasa, 10 Januari 2017 malam, waktu Chicago, Obama menyampaikan pidato perpisahannya. Ia meminta warga As tetap semangat meski kini dirinya tak lagi memimpin negara adi kuasa tersebut.

Betapa tidak, Obama resmi meninggalkan tugasnya sebagai presiden pada 20 Januari mendatang yang kemudian akan digantikan oleh presiden terpilih Donald Trump. ada tanggal tersebut, untuk kali pertama Trump akan dilantik sebagai presiden As yang baru.


Kuburan Tentara AS Itu Bernama 'Afganistan', Taliban pun Melawan

CBS News dan Los Angeles Times, Rabu (11/1/2017), menuliskan bahwa Obama meminta warga AS aktif menjaga demokrasi.

"Demokrasi bisa melemah saat kita menyerah pada ketakutan. Jadi kita, sebagai warga negara, harus tetap waspada pada agresi eksternal, kita harus waspada terhadap upaya pelemahan nilai-nilai yang membuat kita menjadi diri kita yang sebenarnya," demikian ungkap Obama dalam pidato terakhirnya.

"Itulah mengapa, selama delapan tahun terakhir, saya berupaya melawan terorisme dengan landasan hukum yang lebih teguh. Itulah mengapa kita mengakhiri praktik penyiksaan, berupaya menutup Gitmo (penjara Guantanamo) dan mereformasi hukum yang mengatur pengintaian untuk melindungi kebebasan pribadi dan sipil," tegasnya.

"Itulah mengapa saya menolak diskriminasi terhadap warga muslim Amerika," imbuh Obama yang disambut tepuk tangan hadirin.

Pidato perpisahan Obama ini digelar di McCormmick Place, yang merupakan convention center terbesar di kawasan Amerika Utara. Sekitar 20 ribu hadirin dilaporkan hadir untuk mendengar langsung pidato perpisahan presiden kulit hitam pertama AS ini.

Hikmah di Balik Menjadi Seorang Jomblo

Penulis : Syukron Fadillah
×
×