logo





Kasihan Nasib Petani, Padahal Harga Cabai Melejit

Hingga saat ini banyak petani cabai yang mengeluhkan hasil produksinya terus menurun

11 Januari 2017 14:32 WIB

Petani memetik cabe rawit saat panen.
Petani memetik cabe rawit saat panen. Antara Foto


JAKARTA, JITUNEWS.COM- Anggota Komisi IV DPR RI, Hamdhani, menyayangkan kenaikan sejumlah harga komoditas pangan khususnya cabai pada saat ini. Pasalnya, kenaikan harga cabai justru tidak dinikmati langsung oleh para petani.

Pengamat: Pemerintah Perlu Langkah Cepat Atasi Lonjakan Harga Cabai

“Hasil panen petani pada saat ini terus menurun, yang kemudian berdampak pada kenaikan harga pangan di pasar,” kata Hamdhani, kepada Jitunews.com, Rabu (11/1).

Lebih lanjut, Hamdhani mengatakan, hingga saat ini banyak petani cabai yang mengeluhkan hasil produksinya terus menurun. Menurunnya hasil petani tersebut akibat tanaman cabai yang diserang hama dan karena dampak dari curah hujan yang terus tinggi


Pasokan Minim, Pedagang Terpaksa Naikan Harga Cabai

Dalam keadaan cuaca normal hasil panen cabai petani per hektarnya bisa menembus 2 ton. “Tapi sekarang hasil produksinya berkurang hingga 30 persen,” ungkap Hamdhani.

Selain karena turunnya jumlah produksi cabai, harga jual cabai di tingkat petani juga saat ini terus menurun. Hal itu pun semakin menambah beratnya penderitaan para petani.

“Karena besaran ongkos produksi yanag dikeluarkan petani sangat tidak sebanding dengan hasil yang mereka dapat,” ujar Hamdhani.

Karena itu, Hamdhani berharap, pemerintah segera melakukan langkah cepat untuk mengatasi masalah lonjakan harga cabai di pasar.

“Kalau masalah ini tidak segera diselesaikan, maka harga cabai ini pasti akan terus melonjak, karena pasokan dari petani terus berkurang,” tukas Hamdhani.

Harga Cabai Meroket, Pedagang Ngaku Rugi


Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro
Tag:

Komentar