logo


Membersihkan Layar LCD Tidak Boleh Sembarangan, Ini Dia Tipsnya

11 Januari 2017 13:00 WIB

Ilustrasi membersihkan LCD
Ilustrasi membersihkan LCD wikihow.com

JITUNEWS.COM - Membersihkan layar LCD baik komputer maupun TV perlu dilakukan secara rutin untuk menjaga keawetan produk itu sendiri. Selain itu, dengan rutin membersihkan layar maka kualitas gambar yang dihasilkanpun akan tetap terjaga. Kotoran, debu, minyak atau material lain yang menempel pada layar jika terakumulasi dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan. Tidak seperti layar CRT, monitor LCD yang saat ini umum digunakan pada barang elektronik lebih sensitif, mudah tergores dan rusak. Oleh sebab itu, perlu perawatan khusus ketika tiba waktunya untuk pembersihan.

4 Gaya Berpakaian Pria yang Disukai Wanita, Tips Buat Gaet Gebetan Nih!

Sebelum melangkah ke tahapan pembersihan yang benar, ada beberapa pantangan yang perlu dihindari. Pertama, jangan pernah menyemprotkan cairan pembersih langsung pada permukaan LCD. Kedua, jangan menggunakan cairan pembersih yang mengandung alkohol dan ammonia seperti cairan pembersih jendela. Yang terakhir, jangan menggunakan tisu ataupun sembarang kain lap. Setelah mengetahui apa saja yang perlu dihindari, sekarang saatnya mulai pembersihan dengan cara yang benar. Siapkan kain Microfiber sebagai pembersih LCD, kain ini memiliki serat yang lembut sehingga aman untuk layar yang sensitif.

1. Matikan perangkat elektronik
Pastikan perangkat dalam keadaan off, cabut kabel dari colokan listrik dan tunggu sampai temperaturnya kembali normal. Membersihkan layar dalam keadaan perangkat masih hangat sulit untuk dibersihkan kotorannya dan juga dapat menyebabkan kerusakan.


Tidak Cuma Enak, Dua Bahan Minuman Ini Bisa Untuk Pengharum!

2. Bersihkan debu
Usahakan untuk seminim mungkin menyentuh layar ketika membersihkan debu. Anda dapat menghilangkan debu dengan meniup permukaan LCD ataupun dengan menggunakan bantuan blower.

3. Usap ringan
Setelah menghilangkan debu, usap layar dengan menggunakan kain microfiber kering dan bersih. Hindari gerakan memutar ketika membersihkan debu, sebaliknya usap dengan gerakan searah dan lambat.

4. Bersihkan dengan kain microfiber basah
Meskipun membersihkan LCD sampai pada tahap ke 3 sudah cukup menghasilkan, untuk kasus-kasus tertentu anda dapat melanjutkan pembersihan kotoran dengan menggunakan microfiber yang telah direndam dengan air suling. Jangan menggunakan air keran karena akan meninggalkan residu pada layar. Peras kain terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mengelap.

5. Gunakan campuran air suling dan cuka putih, 50:50
Sebagai usaha extra, anda dapat mencampur air suling dengan cuka putih. Rendam microfiber dalam larutan tersebut kemudian peras lalu gunakan untuk mengelap kotoran-kotoran membandel pada LCD. Ingat untuk selalu melakukan gerakan searah dan lembut. Jika dirasa layar LCD terlalu lembab setelah dibersihkan dengan larutan ini, gunakan microfiber kering untuk mengelap kelembaban. (berbagai sumber)

Trik Halal Ini Bikin Anda Cepat Kaya, PASTI!

Penulis : Satria Budi
×
×