logo





Bantu Petani, Jenderal Gatot Buat Buku Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu

Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo membuat buku yang berjudul "Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T)"

10 Januari 2017 19:58 WIB

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Jitunews/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo membuat buku yang berjudul "Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T)". Buku tersebut kini masih dalam tahap pencetakan sebelum diluncurkan.

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo: Kekayaan Alam Indonesia Jadi Incaran Negara Asing

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pun telah mencatat buku tersebut sebagai hak cipta karya Gatot Nurmantyo. Hak cipta tersebut bakal berlaku seumur hidup dan terus berlangsung hingga 70 tahun setelah pencipta buku meninggal dunia.

Perlu diketahui, SP3T merupakan karya dan sumbangsih TNI kepada rakyat Indonesia dalam kerangka “Operasi Militer Selain Perang”.  Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) adalah sebuah sentra yang bertujuan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan dalam rangka meningkatkan kemampuan petani dengan menggunakan metode pertanian modern sebagai solusi untuk mengatasi berbagai kendala yang dihadapi petani saat ini.


Jenderal Gatot Nurmantyo: TNI Mengutuk dengan Tegas Tindakan Terorisme

SP3T juga berfungsi untuk memfasilitasi kebutuhan modal, teknologi, akses pemasaran agar hasil produk pertanian dapat diserap dengan harga pasar yang wajar. Selain itu, SP3T juga berfungsi untuk mengembangkan industri pertanian padi dalam skala nasional, dari pertanian subsistem menjadi pertanian komersial yang bermuara pada kesejahteraan petani serta memperkokoh ketahanan pangan nasional.

Yang lebih penting lagi, SP3T juga bakal menciptakan petani Indonesia yang tangguh dan memiliki kompetensi untuk memproduksi padi secara profesional, modern dan mandiri sehingga secara simultan akan membangun kedaulatan pangan negara Id indonesia.

Bila pertanian digarap secara baik, maka tujuan akhirnya adalah meningkatkan minat untuk bertani lebih baik (better farming), berusaha tani lebih menguntungkan (better business), berkehidupan
lebih baik (better living), dan bermasyarakat tani lebih maju (better community).

Jenderal Gatot Nurmantyo: TNI Perlu Inovasi di bidang Kemiliteran

Penulis : Vicky Anggriawan