logo


Pengamat: Pemerintah Perlu Langkah Cepat Atasi Lonjakan Harga Cabai

Naiknya harga cabai pada saat ini lebih dikarenakan turunnya produksi hasil cabai yang kemudian berdampak pada harga di pasar.

10 Januari 2017 13:47 WIB

Cabai Merah.
Cabai Merah. Jitunews/Rezaldy


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat Pertanian Khudori mengatakan bahwa pemerintah perlu mengambil langkah cepat guna mengatasi terus melonjakan harga cabai dan harga hasil pangan lainnya. Pasalnya naiknya harga cabai tersebut di pasar dikarenakan menurunnya pasokan ke pasar.

Pasokan Minim, Pedagang Terpaksa Naikan Harga Cabai

“Pemerintah harus mengambil langkah cepat untuk bisa mengatasi tingginya harga komoditas pangan saat ini, khususnya harga cabai yang saat ini terus meninggi,” kata Khudori saat dihubungi Jitunews.com, Selasa (10/1).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa naiknya harga cabai pada saat ini lebih dikarenakan turunnya produksi hasil cabai yang kemudian berdampak pada harga di pasar. Ia menjelaskan bahwa di beberapa daerah sentra tanaman cabai, para petani mengalami kerugian yang cukup besar karena mengalami gagal panen.


Harga Cabai Meroket, Pedagang Ngaku Rugi

“Para petani saat ini mengalami kerugian hingga jutaan rupiah, karena gagal panen,” imbuhnya.

Menurutnya, tingginya curah hujan saat ini sangat berdampak buruk pada komoditas cabai petani. “Banyak cabai petani yang kemudian diserang hama peyakit sehingga cepat membusuk di pohon,” ujarnya.

Harga Cabai Melonjak, Ada Permainan Kartel?

Selanjutnya >

Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan
Tag:

Komentar

    ×
    ×