logo





Masyarakat Solo Siap Sambut Kemeriahan Solo Imlek Festival 2017

Pemasangan 5.000 lampion di sekitar Pasar Gede juga akan menambah kemeriahan Imlek tahun ini.

8 Januari 2017 07:00 WIB

Perayaan tahun baru China 2568 akan berlangsung meriah di Kota Solo dengan gelaran Solo Imlek Festival 2017.
Perayaan tahun baru China 2568 akan berlangsung meriah di Kota Solo dengan gelaran Solo Imlek Festival 2017. Miftahul Abrori


SOLO, JITUNEWS.COM – Perayaan tahun baru China 2568 akan berlangsung meriah di Kota Solo dengan gelaran Solo Imlek Festival 2017. Acara yang dipusatkan di Pasar Gede Solo ini berlangsung pada Minggu–Jumat, 22–27 Januari 2017. Namun, sebelum acara inti, panitia menyiapkan berbagai rangkaian acara pada minggu sebelum maupun sesudah acara inti.

Perang Air Ramaikan Perayaan Imlek di Kepulauan Meranti

"Acara Solo Imlek Festival 2017 dimulai dengan acara bakti sosial, donor darah dan pengecekan darah di Solo Paragon Mall pada Minggu, 15 Januari 2017. Kemudian pada Minggu, 22 Januari 2017, kami bekerja sama dengan panitia Grebeg Sudiro akan mengadakan kirab akulturasi budaya," kata Ketua Panitia Bersama Solo Imlek 2017, Sumartono Hadinoto di Solo, Jumat (6/1).

Selanjutnya, pihaknya akan menggelar Solo Imlek Fair, pada Minggu–Jumat (22-27/1) di lantai II Pasar Gede Solo (sisi barat). Acara ini diikuti 55 stand dari para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dan para pedagang. Solo Imlek Fair akan dimeriahkan dengan festival kuliner, panggung hiburan, pertunjukan barongsai, batik fashion show, pameran pernak-pernik Imlek, dan berbagai acara menarik lainnya.


Ini 3 Taman Kota yang Paling Indah di Dunia

"Panitia Imlek mengajak UKM dan beberapa pedagang yang sebagian di antaranya belum pernah buka kios di Pasar Gede. Biar acara semakin meriah, setiap malam akan diisi dengan atraksi seni," jelas Wakil Ketua Umum Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) itu.

Pemasangan 5.000 lampion di sekitar Pasar Gede, kata dia, juga akan menambah kemeriahan Imlek tahun ini. Pemasangan lampion dijadwalkannya selesai pada Selasa (17/1). Sehingga ia berharap, ribuan lampion yang dipasang akan semakin mempercantik suasana Kota Solo, baik siang maupun malam hari.

Masyarakat Solo pun dipersilakannya untuk menyemarakkan gelaran Solo Imlek Festival. Mereka diperbolehkan untuk sekadar berfoto dengan latar suasana Imlek di sekitar pasar Gede hingga koridor Jalan Jendral Sudirman, Solo.

“Pada malam Tahun Baru Imlek, Kamis, 27 Januari 2017, panitia akan menutup Solo Imlek Fair sekaligus membuat pesta kembang api di kawasan Balai Kota Solo. Kemudian acara akhir Solo Imlek Festival adalah kirab liong-barongsai untuk merayakan Cap Go Meh pada Sabtu, 11 Februari 2017,” ujarnya.

Rangkaian acara-acara Solo Imlek Festival diharapkannya mampu meningkatkan kunjugan wista ke Solo, sehingga dapat meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat.

“Kemeriahan Imlek kami dedikasikan untuk masyarakat Kota Solo. Kami berharap Solo Imlek Festival akan memberi dampak positif pada perputaran roda ekonomi masyarakat,” kata Martono.

Semarak Bulan Kasih Sayang di Hartono Mall Solo Baru


Penulis : Miftahul Abrori, Syukron Fadillah

Komentar