logo


Inilah 5 Makanan Sehat untuk Usir Stres

Aktivitas tugas yang menumpuk hingga melelahkan -- terkadang atau bahkan sering menimbulkan stres. Atasi lah dengan rutinitas makanan sehat berikut ini.

27 Desember 2016 20:13 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Stres merupakan reaksi kimia dalam tubuh mengakibatkan jantung berpacu, dan membuat otot tegang. Jika sering mengalami stres dapat menimbulkan kekacauan pada organ dalam tubuh, rentan timbul penyakit ; flu demam, tekanan darah tinggi, risiko diabetes dan depresi.

Mau Redakan Amarah, Konsumsi Saja 7 Makanan Sehat Ini!

Selain olahraga dan melakukan meditasi untuk mengurangi stres, namun asupan nutrisi juga sangat mempengaruhi dalam mengusir stres -- sebagaimana dilansir Ehow. Berikut adalah nutrisi yang memberi pengaruh pada kesehatan jantung Anda.

1. Dark chocolate
Antioksidan yang ditemukan di dalam cokelat, merangsang pelepasan serotonin di otak. Kimia ini dapat mengubah suasana hati Anda, seperti lebih rileks dan bahagia. Nutrisi dalam dark chocolate juga meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.


4 Tips Jitu Memilih Makanan Sehat untuk Tubuh

Juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Lisa Cimperman, menunjukkan dalam dark chocolate mengandung setidaknya 70 persen kakao yang bermanfaat.

2. Salmon
Omega-3 dalam ikan salmon tidak hanya baik untuk jantung, namun menurut para peneliti juga dapat membantu Anda dalam mengelola stres.

Selain itu, asam lemak esensial yang ditemukan di dalam daging ikan salmon dapat melindungi neuron dari kerusakan yang disebabkan oleh stres, apalagi bagi orang-orang yang mengalami stres kronis.

”Jadi untuk kesehatan yang lebih baik, coba konsumsi salmon atau ikan lainnya seperti tuna atau ikan sarden dua kali seminggu,” ujar Cimperman.

3. Pisang
Pisang makanan yang baik dalam diet untuk mengurangi stres. Menurut dokter naturopati, Kathleen A, kekurangan vitamin B6, dapat mengurangi produksi serotonin. Pisang juga kaya akan kalium yang merupakan nutrisi yang membantu menurunkan tekanan darah.

4. Teh hijau dan teh hitam
Asam amino dalam minuman ini meningkatkan produksi dopamin dan serotonin. Jadi, walaupun secangkir teh hijau kadang lebih banyak mengandung kafein dibandingkan kopi. Namun kandungan di dalamnya dapat memicu perasaan senang dan relaksasi pada beberapa orang.

5. Kacang
Kacang tidak hanya merupakan sumber vitamin B, tetapi juga tinggi serat, protein, dan zat besi. Setengah cangkir porsi kacang apapun seperti kacang hitam, kacang merah, atau buncis dapat membantu Anda untuk mendapatkan vitamin B yang mengusir rasa stres.

Ayah Menderita Diabetes, Farah Quinn Sajikan Makanan Sehat

Penulis : Vicky Anggriawan,Yusran Edo Fauzi