logo





Ada 9 Wisata Malam Tahun Baru di Yogya

Malam tahun baru di Yogyakarta selain murah juga sarat keragaman objek

27 Desember 2016 16:19 WIB

Alun-alun Selatan Keraton.
Alun-alun Selatan Keraton. Istimewa


YOGYAKARTA, JITUNEWS.COM - Jika memilih malam tahun baru 2017 di Kota Gudeg Yogyakarta, maka tinggal pilih tempat yang ramai atau sepi. Tergantung kepribadian juga ya -- apakah introvert atau ekstrovert. Atau juga tergantung suasana hati.

Wings Air Mulai Ambil Rute Gemuk Surga Wisata Raja Empat

Malam tahun baru di Yogyakarta selain murah juga sarat keragaman objek. Hotel murah mudah didapat. Kuliner khasnya enak-enak, gudeg lesehan, warung angkringan, wedang ronde, satay telur ayam mengandung, satay kerang dan ragam cemilan kue. Terus ada juga kopi joss yang belum banyak orang tahu.

Jitunews menawarkan sembilan tempat favorit untuk pembaca pilih:


Wow! Indonesia Jawaranya Wisata Halal Dunia

1. Titik nol Yogyakarta

Stasiun Tugu Yogyakarta adalah titik nol untuk mengukur jarak di Kota Yogyakarta. Bukan hanya strategis di tengah kota, tapi juga merupakan landmark pertama Kota Yogyakarta yang berdekatan dengan jalan legendaris Jalan Malioboro yang kondang justru karena kemacetan K-5 dan lesehan gudeg.

Biasanya dari Titik Nol Kilometer Yogyakarta maka Anda bisa menikmati pesta kembang api saat jarum jam menunjukkan pukul 00.00 WIB pada tanggal 1 Januari 2017.

2. Alun-alun Selatan Keraton

Inilah spot paling luas, lapangan alun-alun yang di tengahnya ada dua pohon beringin besar. Konon jika bisa melewati di antara kedua pohon beringin besar itu dengan mata tertutup maka keinginan dalam hati akan terwujud.

Di tepi alun-alun ada berjejer beragam sajian kuliner kaki lima yang melingkari lapangan seperti angkringan, wedang ronde, kopi joss alias kopi yang dicelupkan bara arang yang masih mengepul panas. Kemudian yang istimewa adalah lesehan gudeg asli orang Yogya dari warga orang dalem keraton, karena gudeg di Jalan Malioboro sebagian besar sudah dibuat oleh orang Minang, orang Jawa dari daerah lain dan juga keturunan Tionghoa.

3. Kaliurang
Jika menghabiskan malam tahun baru di kawasan pegunungan Kaliurang. Selain memiliki udara yang sejuk, kawasan ini juga sangat ramai dengan resto, cafe dan tempat makan anak muda dengan bangunan unik nyentrik.

4. Imogiri
Buat yang kurang suka dengan kearamaian, dan malah suka tempat-tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat kontemplasi alias merenung dan merencanakan resolusi di tahun baru, rasanya kawasan Imogiri bisa dijadikan tempat terbaik untuk melewatkan malam tahun baru di dataran tinggi.

Bisa mendirikan tenda di hutan Pinus Dlingo Mangunan atau mencari penginapan yang dekat dengan Imogiri.

5. Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis adalah pantai pantai yang paling lengkap fasilitas wisatanya. Selain cukup dekat dengan jalan raya, akses angkutan kota juga lebih mudah menuju Pantai Parangtritis. Cuma saja jika hati sesumbar atau takabur maka banyak korban nyawa yang diseret ombak ke dalam laut pantai selatan ini.

6. Pantai Siung
Buat yang berkepribadian introvert senang dengan kesunyian atau cenderung sepi dan cocok untuk menantang naluri petualangan -- maka Pantai Siung adalah lokasi yang tepat di Yogyakarta.

Pantai Siung juga punya karakter berbeda, disuguhi dengan pemandangan batu karang di pesisir pantai dan puluhan air terjun kecil. Dalam perjalanan menuju Pantai Siung juga mendapat suguhan view yang menawan dari batu kapur dan jejeran pohon jati yang berderet rapi.

7. Gunung Kidul
Gunung Kidul punya segudang tempat wisata malam tahun baru. Tapi sepertinya kurang cocok untuk yang berkepribadian ekstorvert, karena hanya mereka yang suka menyatu dengan alam yang bisa menikmati malam di Gunung Kidul.

8. Gunung Merapi
Ini lah lokasi paling tepat di wilayah Yogyakarta bagi yang ingin menikmati hangatnya mentari pagi sunrise dari kaki atau puncak ketinggian Gunung Merapi.

Gunung Merapi adalah tempat yang disakralkan bagi masyarakat Jogja, lantaran secara geografis posisi Gunung Merapi jika ditarik garis lurus sejajar dengan Keraton hingga Pantai Parangtritis yang merupakan bagian dari Samudera Hindia.

9. Gunung Nglanggeran
Warga sekitar menyebutnya sebagai ”Gunung Purba.” Letaknya masih dalam kawasan Gunungkidul. Banyak anak muda menjadikan Gunung Purba Nglanggeran sebagai wisata edukasi sekaligus wisata selfie yang menandingi Tebing Keraton atau Kalibiru.

Puncak Gunung Purba Nglanggeran berada di ketinggain 700 meter dari permukaan laut. Cukup mudah untuk didaki dengan jalanan yang enak untuk ditapaki. Selain bisa menikmati sunrise, puncak Gunung Purba Nglanggeran juga menjadi lokasi favorit spot memotret sunset terakhir pada tanggal 31 Desember 2016.

Ibas Kagum Magetan Miliki Konservasi Hutan Wisata Mojosemi


Penulis : Vicky Anggriawan,Yusran Edo Fauzi
Tag:

Komentar