logo


Hanya dengan Rp 4,5 – 5 Juta Bisa Liburan ke Raja Ampat

Ini bukan kabar bombastis. Melainkan dengan hitung-hitungan yang masuk akal, hanya berbekal Rp 4,5 – 5 juta bisa liburan di Raja Ampat, surga alam eksotik di Papua Barat.

27 Desember 2016 14:15 WIB

Raja Ampat.
Raja Ampat. Raja-ampat.biz

RAJA AMPAT, JITUNEWS.COM - Raja Ampat layak dijuluki destinasi wisata yang ”the special one” di Indonesia -- karena panorama hamparan gugusan bukit-bukit batu yang hijau di perairan dekat tepi pantai. Raja Ampat bak sepotong surga di ujung timur Indonesia, yang juga memiliki keindahan alam taman bawah laut dengan bio-diversitas yang kesohor hingga mancanegara. Ternyata surga di kawasan Kepala Burung Pulau Papua ini juga bisa dijangkau dengan biaya murah dari Jakarta atau kota-kota besar di Pulau Jawa. Begini uraiannya…

Wisata Kepulauan Seribu Sebentar Lagi Akan Setara dengan Pulau Jeju

Sebagian besar orang ber-estimasi biaya mahal untuk berwisata ke Raja Ampat. Tetapi itu bukan berarti tanpa celah untuk mendapatkan jalan yang murah meriah.

Rencana perjalanan atau itinerary merupakan hal terpenting. Mulai lah mencatat anggaran Rp 4,5 – 5 juta. Anggaran besar pertama adalah untuk tiket pesawat ke Raja Ampat. Namun untuk berkunjung ke Raja Ampat dengan biaya sekitar Rp 4,5 – 5 juta tidak bisa pergi secara dadakan dan sendirian. Minimal, itinerary dibuat enam bulan sebelum tanggal kepergian ke Raja Ampat.


Di Tangan Ahok-Djarot, Jakarta Akan Jadi Pusat Pariwisata dan Budaya

Pesan tiket pesawat tiga bulan sebelum ke Raja Ampat

Siapkan Rp1,5 juta untuk membeli tiket pesawat ke Kota Sorong, Papua Barat, pada tiga bulan sebelum waktu keberangkatan. Hal ini menekan biaya pesawat semaksimal mungkin, dengan memanfaatkan tiket pesawat promo menuju Kota Sorong.

Harga promo tiket pesawat dari Jakarta atau dari kota lain di Pulau Jawa menuju Kota Sorong adalah sekitar Rp1 - 1,5 juta. Sementara ini, estimasi harga tiket pesawat termahal dari kota di Pulau Jawa menuju Kota Sorong adalah Rp2 juta. Tentu bagi yang berada di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur harga tiket pesawat ke Kota Sorong akan lebih murah.

Hanya membawa satu tas ransel atau backpack saja

Salah satu langkah menekan biaya penerbangan menuju Raja Ampat adalah dengan membawa satu tas ransel atau satu backpack saja. Saat packing, membawa barang-barang penting saja ; pakaian ringan serta satu buah jaket dan barang-barang pribadi. Juga perlu membawa sleeping bag dan tenda kecil, serta makanan ringan dan instan juga vitamin.

Yang dibawa jangan melebihi satu ransel atau backpack agar muat di kabin pesawat. Tambahannya cukup satu tas kecil yang dikalungkan di leher untuk menyimpan barang-barang penting seperti gadget, dompet, dan lain-lain. Biasanya, harga tiket pesawat sudah termasuk bagasi kabin 7 kg yang gratis.

Ajak teman sebanyak-banyaknya menjadi backpacker

Jumlah rombongan minimal 7 – 10 orang dapat mengirit biaya transportasi selama di Raja Ampat. Kalau patungan banyak orang maka menjadi ringan biaya transportasi di Raja Ampat. Berhubung biaya transportasi di Raja Ampat tergolong sangat mahal jika ditanggung sendirian. Semakin banyak teman semakin murah karena patungan.

Untuk menuju Raja Ampat, pesawat yang ditumpangi akan mendarat di Bandara Domine Eduard Osok, Kota Sorong, Papua Barat. Dari Kota Sorong, melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Rakyat untuk menuju Kota Waisai yang merupakan ibu kota dari Raja Ampat. Ongkos taksi sekitar Rp50.000 – Rp70.000 dengan kapasitas penumpang enam orang.

Sampai di Pelabuhan Rakyat lalu naik kapal menuju Kota Waisai. Ada dua jenis kapal, yaitu kapal fiber dan kapal kayu. Biaya naik kapal fiber Rp120.000/orang. Sedangkan biaya untuk naik kapal kayu Rp70.000 per orangnya.

Waktu tempuh menuju Kota Waisai dari Pelabuhan Rakyat dengan kapal fiber sekitar 3 jam, sedangkan kapal kayu membutuhkan waktu tempuh 5 – 6 jam. Tergantung besar kecilnya ombak laut.

Sesampai di Kota Waisai, wajib mengunjungi kantor Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) setempat dan membayar biaya konservasi per orang Rp500.000 untuk wisatawan domestik dan Rp1 juta untuk wisatawan mancanegara.

Selesai urusan di kantor Depbudpar, bisa menyewa jasa ojek motor untuk menuju tempat penginapan. Harga penginapan termurah di Waisai Rp200.000 per kamar dan per malamnya. Jika ingin lebih murah lagi, berkawanlah dengan warga setempat yang bisa menyewakan rumahnya dengan murah atau gratis. Atau bisa gelar tikar dirikan tenda di pesisir pantai di Waisai. Banyak wisatawan yang begitu.

Pergilah ke Pasar Waisai pada pukul 04.00 WIT perahu-perahu sewaan sudah berjajar rapi untuk mengantarkan berpetualang di pulau-pulau yang ada di Raja Ampat, di antaranya ke Wayag yang merupakan destinasi favorit para wisatawan di Raja Ampat. Di Wayag terdapat pulau-pulau kecil berjajar rapi di sepanjang laut yang biru dan jernih, asyik menyelam menikmati kekayaan bio-diversitas laut Papua yang menakjubkan.

Harga sewa perahu di Pasar Waisai menuju Wayag sekitar Rp 2 jutaan termasuk supir. Namun, harga sewa perahu ini belum termasuk BBM perahu. Satu perahu memiliki kapasitas sekitar 14 penumpang membutuhkan 400 liter bensin dengan harga seliternya sekitar Rp 10.000. Hanya biaya bensinnya saja bisa mencapai Rp 5 juta dan ditambah dengan sewa perahu Rp2 juta, sehingga total biaya untuk menuju Wayag adalah Rp 7 juta. Jika jumlah rombongan adalah 10 orang, bisa patungan masing-masing 700 ribu.

Perahu yang berlayar dari Pasar Waisai menuju Wayag membutuhkan waktu tempuh 12 jam. Tetapi tidak perlu khawatir jenuh di perjalanan, karena di laut akan disuguhkan pemandangan alam luar biasa indahnya dan tidak akan ditemukan di belahan dunia mana pun. Tengok juga ke bawah air, bisa melihat berbagai biota laut menari-nari.

Makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan

Selama berpetualang di Raja Ampat jangan boros biaya makan. Pakai lah prinsip ; makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan seperti di rumah sendiri. Jika akrab dengan warga setempat akan diajak ke tempat-tempat kuliner khas Papua dengan harga murah.

Pulang menggunakan kapal laut

Jika sudah puas menikmati wisata Raja Ampat, maka waktunya pulang dengan menghemat uang naik Kapal PELNI yang berlayar dari Sorong menuju Jakarta. Tarifnya setengah dari harga tiket pesawat, yaitu sekitar Rp500.000 – Rp800.000, dengan waktu tempuh sekitar 5 – 6 hari untuk sampai Jakarta.

Kapal PELNI hanya berlayar satu minggu sekali, jadi pastikan tidak ketinggalan kapal dan mencari informasi mengenai jadwal berlayarnya kapal.

Kapal PELNI dari Sorong melewati Maluku dan Banda Naira yang merupakan potongan surga lain di ujung timur Indonesia. Banda Naira juga terkenal wisata sejarahnya dan banyak terdapat benteng-benteng peninggalan Belanda.

Rincian biaya menuju Raja Ampat

Berikut adalah rincian semua biaya berwisata ke Raja Ampat ;
Tiket pesawat ke Kota Sorong per orang = Rp 1.500.000
Taksi dari Sorong ke Pelabuhan Rakyat (Patungan-PP) = Rp 20.000
Ongkos Kapal Fiber ke Waisai (Patungan-PP) per orang = Rp 240.000
Biaya konservasi Depbudpar patungan per orang =Rp 500.000
Biaya patungan sewa perahu menuju Wayag (PP) =Rp 500.000
Estimasi biaya penginapan di Raja Ampat per orang =Rp 400.000
Estimasi biaya makan per orang =Rp 300.000
Ongkos Kapal PELNI per orang =Rp 800.000
Total Rp 4.260.000

Jika anggaran atau budget yang dimiliki adalah Rp 4,5 juta, maka masih memiliki sisa uang sekitar Rp 240.000 untuk bekal makan dalam perjalanan pulang.

Berhasil Kelola Pariwisata, Kota Solo Diganjar Penghargaan Kemenpar

Penulis : Vicky Anggriawan,Yusran Edo Fauzi
×
×