logo


Cara 'Beda' Tanam Kaktus di Rumah, Dijamin Ciamik!

Anda bisa menambahkan pernak-pernik seperti batu-batuan sehingga pot tersebut menjadi sebuah diorama nan unik

15 Desember 2016 11:34 WIB

Menanam kaktus dalam pot.
Menanam kaktus dalam pot. hgtv.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Siapa yang tak kenal dengan tanaman kaktus. Tanaman berduri yang identik hidup di tanah gersang tersebut, kini tengah digandrungi para hobiis tanaman hias. 

Terpesona akan Kecantikan dari Kaktus Ekor Tupai

Nah, bagi Anda yang tertarik memelihara kaktus di rumah tapi area rumah Anda terbatas, Anda bisa mencoba menanam sejumlah kaktus dalam satu pot lho. Lebih menarik lagi jika Anda menambahkan pernak-pernik seperti batu-batuan sehingga pot tersebut menjadi sebuah diorama nan unik.

foto: hgtv.com


Kiat Jitu Menanam Kaktus Agar Tumbuh Indah

Lantas, bagaimana cara membuatnya? Berikut ini 6 langkah mudah menanam kaktus pada pot mungil:

1. Siapkan material

  • sejumlah tanaman kaktus kecil dan beberapa jenis tanaman sekulen seperti cocor bebek atau sansevierial sebagai ‘temannya’
  • pot bunga lebar dengan diameter sekitar 30 cm, dan tinggi 2 0cm
  • kaktus dalam pot kecil
  • sarung tangan untuk berkebun
  • penjepit
  • kerikil
  • media tanam
  • sendok teh
  • dan beberapa action figure sebagai hiasan.

2. Masukkan media tanam pada pot

Pertama, letakkan kerikil yang sudah disiapkan ke dasar pot. Jumlah kerikil tidak perlu memenuhi sampai permukaan pot. Anda cukup isi 1/3 dari tinggi pot. Sebab, kebanyakan kaktus memiliki akar yang dangkal. Kemudian, taburkan tanah di atasnya.

Lalu, siapkan lubang berukuran diameter tanaman kaktus yang sudah ditanam pada pot kecil sebelumnya. Untuk menjaga kaktus agar tetap hangat, Anda bisa menutupnya menggunakan botol plastik bening atau wadah yang seukuran, selama penananaman berlangsung.

3. Proses pemindahan kaktus dari pot kecil

Pada saat memindahkan kaktus dan sejumlah tanaman sekulen pada pot sebelumnya, siapkan koran sebagai alas transisi untuk membersihkan kaktus. Jangan lupa, gunakan sarung tangan berkebun di tangan Anda.

Setelah kaktus dan tanaman sekulen sudah bersih dan padat tanahnya, barulah tanamkan kaktus menggunakan penjepit, menuju lubang yang sudah disiapkan.

4. Padatkan permukaan tanaman menggunakan sendok teh

Tanam kaktus, dan tekan ke dalam permukaan tanah. Untuk memadatkan, Anda bisa menggunakan sendok teh. Lakukan juga terhadap tanaman lain yang hendak ditanam di sampingnya.

5. Semprotkan dengan air hangat

Setelah tanaman kaktus dan sukulen ditanam, semprotkan air hangat pada bagian tanah. Hal ini bertujuan agar tidak terlihat kering untuk beberapa hari.

6. Tambahkan detail

Jadikan tanaman kaktus Anda sebagai diorama yang bercerita. Anda bisa membuat jalan dengan tambahan pasir atau krikil. Kemudian, letakkan detail tambahan seperti action figure. Dan selamat.. tanaman kaktus Anda pun terlihat ciamik seperti studio film mini yang bisa Anda kreasikan sendiri.

Selamat mencoba!

Tips Mudah Menanam dan Merawat Tanaman Kaktus Agar Tidak Mudah Busuk

Penulis : Riana