logo


Varietas Unggul Akan Dimaksimalkan Pemanfaatanya, Termasuk Padi Hibrida

Pemanfaatan bibit unggul harus menjadi fokus utama saat ini di tengah semakin menurunnya luas lahan pertanian.

29 November 2016 16:44 WIB

Petani Desa Mandalasari, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat memegang hasil panen padi hibrida.
Petani Desa Mandalasari, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat memegang hasil panen padi hibrida. Jitunews/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hingga saat ini pemerintah terus mengupayakan peningkatan produktivitas hasil di sektor pertanian khususnya di sektor perberasan.

Rektor UNS Sebut Kementan Perlu Optimalkan Kearifan Lokal di Sektor Pangan

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Muhammad Syakir mengatakan dalam meningkatkan produktivitas, fokus pemerintah tidak lagi hanya pada upaya perluasan lahan pertanian, tetapi juga penerapan teknologi dan pemanfaatan semua varietas unggul, termasuk juga padi hibrida.

"Semuanya akan kita maksimalkan pemanfaatannya," demikian kata Muhammad Syakir pada acara rapat kerja Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian di Bogor, Selasa(29/11).


Menguak Potensi Padi Gogo di Gelaran PENAS XV 2017

Menurutnya semakin banyak varietas unggul yang di tanam, maka peningkatan produksi pasti akan semakin cepat.

"Di beberapa tempat varietas padi hibrida sudah banyak di kembangkan. Dengan tujuan mendukung upaya pemerintah mensukseskan swasembada pangan," demikian katanya.

Ia menegaskan pemanfaatan bibit unggul harus menjadi fokus utama saat ini di tengah semakin menurunnya luas lahan pertanian, serta kadar kesuburan tanah yang kian menurun.

"Kesuburan tanah di sektor pertanian pada saat ini terus menurun, maka salah satu strategi kita adalah dengan memanfaatkan varietas unggul yang adaptif, dan pemanfaatan pupuk yang berimbang," tukasnya.

Saatnya Bantu Petani dan Berinvestasi Melalui Crowde

Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah
×
×