logo





Peternak Rakyat Gelar Kongres Nasional

Kongres ini dalam rangka mengeratkan kembali semangat para peternak di dalam negeri

28 November 2016 15:11 WIB

Kongres Nasional Peternak Rakyat di TMII, Senin (28/11).
Kongres Nasional Peternak Rakyat di TMII, Senin (28/11). Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Untuk tetap menjaga keberlanjutan dari usaha peternakan rakyat tanah air, gabungan dari seluruh asosiasi peternakan rakyat pada hari ini, Senin, 28 November 2016, menggelar kongres nasional bertajuk 'Merakyatkan Peternakan Rakyat' di TMII, Jakarta.

2.000 Peternak Kepung Istana

Kongres ini diselenggarakan sebagai bagian dari upaya untuk mengeratkan kembali semangat para peternak rakyat yang sampai saat ini terus mengalami penurunan jumlah.

“Jumlah peternak rakyat saat ini terus mengalami penurunan, hal ini dikarenakan para peternak rakyat sudah tidak merasa diuntungkan dalam sektor usaha peternakan tersebut,” ungkap Ketua Pelaksana Kongres, Teguh Boediyana, Senin (28/11), di Jakarta.


Kepung Istana, Ini 5 Tuntutan Peternak Kepada Pemerintah

Lebih lanjut, Teguh menjelaskan, berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2013 lalu, jumlah peternak ayam lokal turun sebesar 54,10 persen, di mana pada tahun 2003 total peternak rakyat mencapai lebih dari 14 juta peternak dan pada tahun 2013 hanya mencapai 6,6 juta peternak.

Teguh berharap, adanya kongres nasional peternak rakyat tersebut, mampu mengeratkan kembali barisan para peternak rakyat untuk bisa kembali meningkatkan sektor usaha peternakan yang ada di tanah air.

Kongres itu dihadiri sedikitnya 17 asosiasi yang bergerak di sektor peternakan, yang melibatkan lebih dari 5.000 orang peternak, pakar di bidang peternakan, dan mahasiswa peternakkan yang ada di seluruh tanah air.

Kesimpulan DPR Dibalik Demo Peternak Unggas

Penulis : Siprianus Jewarut, Christophorus Aji Saputro