logo





Cek! Ini Jurus Jitu Membuat Pestisida Nabati dari Bawang Putih

Efektifitas bawang putih sebagai pengendali hama pada tanaman karena mempunyai senyawa kimia yang mudah menguap yang tidak disukai oleh hama tanaman.

23 November 2016 09:51 WIB

Bawang putih.
Bawang putih. JITUNEWS/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jika Anda hobiis yang gemar menanam tanaman hidroponik, pernahkah Anda melihat tanaman kesayangan Anda rusak atau bahkan mati karena hama? Hal itu jelas membuat kita kecewa kan. Nah, sebagai solusinya Anda bisa menggunakan pestisida nabati lho untuk membasmi hama yang menyerang tanaman Anda. 

Cara Alami Membuat Pestisida Nabati Pengusir Tikus

Untuk diketahui, pestisida nabati merupakan kearifan lokal di Indonesia yang sangat potensial untuk dimanfaatkan dalam pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT), guna mendukung terciptanya sistem pertanian organik. Dan tahukah Anda, banyak sekali lho bahan di alam sekitar kita yang bisa digunakan untuk membuat pestisida nabati. Salah satunya adalah bawang putih

Yup, tanaman yang bernama latin Allium sativum ini merupakan salah satu tumbuhan sumber bahan pestisida yang dapat dimanfaatkan untuk pengendalian hama.


Ini Lho Cara Membuat Pestisida Nabati dari Tembakau.

Bawang putih sangat efektif untuk mengendalikan hama pada tanaman seperti trips, apids, ulat, belalang dan beberapa jenis hama pada tanaman terutama pada tanaman hortikultura. Efektifitas bawang putih sebagai pengendali hama pada tanaman karena mempunyai senyawa kimia yang mudah menguap yang tidak disukai oleh hama tanaman.

Senyawa kimia bawang yang mudah menguap ini menyebabkan gangguan visual pada hama sehingga dapat mempengaruhi tingkah laku dan kecepatan kolonisasi serangga. Jangankan serangga, manusia saja kalau mencium bau bawang putih sampai bisa mengeluarkan air mata kan?

Nah, bagi Anda yang tertarik mengaplikasikan bawang putih sebagai pestisida nabati, berikut Jitunews.com uraikan langkah pembuatannya, seperti yang sudah dipraktekan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Barat. 

Pertama, kupas 2 bungkul (20 siung) bawang putih lalu tumbuk sampai halus dan campur dengan 5 liter air.

Ramuan kemudian dicampur dengan 2 sendok teh minyak tanah dan 2 sendok deterjen atau sabun colek, kemudian aduk rata.

Langkah berikutnya, saring larutan tersebut menggunakan kain halus dan masukkan ke dalam botol tertutup untuk penyimpanan agak lama. Simpan di tempat teduh dan terhindar dari terik matahari. Usahakan penyimpanan tidak terlalu lama agar khasiatnya tetap terjaga.

Untuk pengaplikasiannya, campurkan sebanyak 3 sendok teh larutan insektisida yang sudah disaring dengan 1 liter air bersih. Lalu, semprotkan cairan tersebut pada tanaman terutama yang terserang hama. 

Nah, mudah kan cara membuatnya dan aplikasinya? Selamat mencoba ya!

Menyulap Bandotan Jadi Pestisida Nabati, Gimana Caranya?

Penulis : Riana