logo





Pang David, Temukan Formula Organik Hasilkan Daging Sehat

Formula diteteskan pada minuman ternak. Hasilnya daging sehat, tidak bau, bahkan kandangnya juga tidak bau

1 November 2016 12:06 WIB

Inovator pertanian asal Bali, Pang David.
Inovator pertanian asal Bali, Pang David. Jitunews/Miftahul Abrori


SUKOHARJO, JITUNEWS.COM – Pang David, inovator pertanian asal Bali menemukan formula bio tetes yang bisa menghasilkan daging sehat. Formula tersebut terbuat dari produk organik buah yang diteteskan pada minuman ternak

Inovasi Jitu Flatbread untuk Ibu Hamil Karya Mahasiswa IPB

“Penelitian saya ini berawal dari kesukaan saya makan daging kambing tapi tidak suka baunya, ingin makan ayam tidak suka bau amisnya, makan ikan tapi tidak suka bau lumpurnya, mau makan bebek tapi tidak suka bau apeknya,” kata David saat ditemui Jitunews.com di Sukoharjo, Minggu (30/10).

David mengaku, penelitiannya tersebut sudah dimulai sejak 15 tahun lalu. Tiga tahun terakhir ia mengembangkan formulanya sehingga menghasilkan daging dengan omega 9 tanpa kolesterol. Hal tersebut berdasarkan uji laboratorium.


Inovasi Jitu Obat Hipertensi Oles Karya Mahasiswa Unhas

“Formula diteteskan pada minuman ternak. Hasilnya daging sehat, tidak bau, bahkan kandangnya juga tidak bau. Daging lebih mudah matang ketika dimasak dan rasanya enak,” ujar David.

Bahkan, lanjut David, jika daging digoreng tidak memerlukan minyak dan tidak perlu garam, bumbu dan penyedap rasa lainnya, tetapi masakan bisa menghasilkan rasa dan aroma yang gurih.

“Cita rasa daging sudah muncul dari dalam. Waktu dimasak, tulang mengeluarkan sari makanan yang membuat rasanya gurih. Kandungan nilai gizinya juga lebih tinggi dibandingkan ayam biasa. Kalau daging dibuat bubur atau sop, bisa ditambahkan bawang merah dan bawang putih,” klaim David.

Untuk diketahui, Pang David saat ini bekerja sama dengan Asosiasi Petani Pengolah Hasil Hortikultura (Asppehorti) Provinsi Jawa Tengah yang menggunakan hasil penelitiannya. Beberapa waktu lalu, Aspperhorti Jateng menggandeng sejumlah petani di Sukoharjo mengenalkan hasil penemuan David di Warung Sehat Sukoharjo. Warung tersebut menyajikan makanan sehat berupa daging ayam, itik dan kambing.

Sukoharjo menjadi tempat pertama dibukanya Warung Sehat. Dalam waktu dekat konsep yang sama akan di buka di delapan kota lainnya, yakni Yogyakarta, Bandung,  Jakarta, Sukabumi, Bogor, Surabaya, Malang dan Bangka Belitung.

“Kita mengajak masyarakat, kita bimbing melalui koperasi peternak rumahan. Bukan peternak yang bekerja sama dengan perusahaan,” pungkas David.

Pengamat: Inovasi di Sektor Pertanian Harus Diimbangi Langkah Sosialisasi ke Petani


Penulis : Miftahul Abrori, Riana

Komentar