logo


7 Bahan Makanan yang Terbuat dari Kedelai

Kedelai lebih banyak diolah menjadi bahan makanan

19 November 2014 10:02 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kedelai adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang sering digunakan sebagai bahan makanan yang mengandung protein nabati yang tinggi. Kedelai lebih banyak diolah menjadi bahan makanan, karena lebih mudah dimasak. Berikut beberapa bahan makanan dari kedelai yang digunakan dalam masakan.

3 Jenis Makanan yang Tetap Bikin Lapar

1. Tahu
Bahan makanan berbahan dasar kedelai yang berbentuk kotak, bertekstur lembut dan umumnya berwarna putih ditemukan pertama kali di China pada dinasti Han sekitar 2200 tahun yang lalu. Makanan yang mengandung protein dan serat ini diperoleh dari sari kedelai yang digumpalkan dan dipres hingga padat dan dibentuk menjadi kotak. Tahu adalah salah satu bahan makanan yang populer di Indonesia.

2. Tempe
Makanan asli berasal dari Indonesia yang dibuat dari kacang kedelai yang telah direbus dan difermentasikan dengan ragi tempe dan dibungkus dengan daun pisang atau plastik hingga menghasilkan kapang rhizopus (jamur tempe) yang berwarna putih. Tempe adalah makanan yang tergolong murah namun mengandung gizi yang baik. Kandungan tempe yang mengandung asam lemak tak jenuh mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Kecap
Salah satu bumbu yang terbuat dari kacang kedelai adalah kecap. Kecap merupakan cairan berwarna hitam yang dibuat dari kedelai hitam, kapang Aspergillus sp dan Rhizopus sp. Kecap terdiri dari 2 jenis, yaitu Kecap Manis dan Kecap Asin. Jenis kecap manis memiliki warna hitam pekat dan kental karena dibuat dengan menambahkan gula merah dalam jumlah yang banyak. Sedangkan kecap asin mengandung kadar garam yang dominan dan menghasilkan warna cokelat agak jernih dan tidak kental. Kedua jenis kecap ini sering digunakan dalam masakan karena dapat menambah rasa menjadi manis maupun gurih dan menambah warna masakan menjadi lebih pekat.

4. Tauco
Merupakan jenis bumbu yang dihasilkan dari kedelai yang difermentasi dengan ragi tempe, terigu dan air garam serta dijemur selama seminggu di bawah terik matahari. Tauco berbentuk seperti pasta kental yang berisi serpihan kacang kedelai putih berwarna cokelat muda dan beraroma menyengat.

5. Tausi
Bumbu berbentuk butiran hitam yang dibuat dari kedelai hitam yang telah difermentasi. Tausi biasanya dijual di supermarket dalam kemasan kaleng dan memiliki bentuk butiran kacang kedelai yang besar sedangkan Tausi yang dijual di pasar berukuran kecil. Tausi digunakan dalam masakan sebagai bumbu penyedap yang memberikan aroma khas.

6. Miso
Salah satu bumbu berupa pasta berwarna cokelat kemerahan yang berasal dari Jepang dan dibuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Miso mirip seperti Tauco namun bentuk Miso seperti pasta dan bertekstur lembut. Di negara Jepang, Miso adalah bumbu wajib yang ada di dapur. Miso memberikan rasa khas kacang kedelai fermentasi dan beraroma seperti tauco.

7. Natto
Natto adalah makanan olahan dari kedelai yang berupa butiran kedelai yang lengket dan memiliki aroma yang kuat. Makanan tradisional Jepang ini adalah sumber protein nabati yang tinggi dan biasanya dikonsumsi dengan nasi putih hangat dan shoyu (kecap asin Jepang) sebagai sarapan. Di kota Hokkaido dan Tohoku, Natto dikonsumsi dengan menambahkan gula pasir. Natto terdiri atas dua jenis yaitu Natto Basah dan Natto Kering. Natto Basah sering digunakan sebagai bahan tambahan pada hidangan sedangkan Natto kering sering dikonsumsi sebagai camilan maupun bahan tambahan pada es krim.

 

The Hook, Jagonya Restoran Ikan Kerapu

Penulis : Christophorus Aji Saputro, Hasballah