logo


Tembakau Srinthil Temanggung Dipatenkan

Tembakau srinthil lantas dipatenkan dan mendapat sertifikat indikasi geografis dari Kemenkum HAM

16 November 2014 20:57 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Petani di Temanggung Jawa Tengah boleh berbangga sebab salah satu tembakaunya yaitu jenis srinthil merupakan tembakau terbaik di dunia yang hanya bisa tumbuh di Temanggung.

Bupati Temanggung Bambang Sukarno, di Temanggung mengatakan, untuk melindungi tembakau tersebut maka, tembakau srinthil lantas dipatenkan dan sduah mendapat sertifikat indikasi geografis dari Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia.

Srinthil adalah tembakau Temanggung berkadar nikotin tinggi yang hanya dihasilkan di daerah tertentu dengan ketinggian di atas 800 meter di atas permukaan laut. Srinthil hanya bisa dihasilkan dari tembakau varietas kemloko.


Cukai Tembakau Naik Lagi, Industri Keberatan

Setelah mendapat sertifikat indikasi geografis (IG) maka nama tembakau srinthil Temanggung hanya boleh digunakan oleh masyarakat yang mengajukan sertifikat IG, yakni petani yang memang menghasilkan tembakau srinthil ini.

"Tembakau srinthil merupakan tembakau jenis terbaik yang ada di dunia dan hanya tumbuh di Temanggung. Jadi wajar jika srinthil menjadi milik Temanggung," kata Bambang.

 

Pemerintah Akan Mempercepat Kenaikan Tarif Cukai Hasil Tembakau

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid