logo


Ratna Sarumpaet Hadir di Tengah Penggusuran Pemukiman Rawajati Hari Ini

"Mana surat tugasnya, tunjukin dong surat tugasnya"

1 September 2016 09:13 WIB

Ratna Sarumpaet.
Ratna Sarumpaet. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Hari ini, Kamis, 1 September 2016 petugas Satpol PP melakukan penertiban pemukiman di RT 09 RW 04 Kelurahan Rawajati, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan. Warga yang tak terima melemparkan aparat berseragam lengkap dengan batu. Kericuhan pun tidak terhindari.

Pesan Fadli Zon untuk Anies-Sandi Soal Penggusuran

Tak lama setelah kericuhan, aktivis kemanusiaan Ratna Sarumpaet muncul di tengah petugas Satpol PP dan warga Rawajati. Tak sendiri, Ratna datang bersama Anggota DPRD DKI, Syarif. Keduanya berusaha menemui petugas Satpol PP di barisan paling depan.

Dengan nada lantang, Ratna meminta petugas Satpol PP tidak melakukan penertiban. Ratna meminta petugas menunjukan surat tugas untuk melakukan penertiban tersebut. "Mana surat tugasnya, tunjukin dong surat tugasnya," tanya Ratna kepada petugas Satpol PP.


Warga Bukit Duri Menang Gugatan Soal Penggusuran, Anies Terima Putusan Pengadilan

Ratna berorasi di hadapan petugas Satpol PP agar mengikuti prosedur dalam upaya penertiban, misalnya memberikan surat peringatan (SP) 1, 2, dan SP 3. "Ada aturan, pemberian SP-1, 2, dan 3. Tidak melalui surat yang terkesan liar. Sebenarnya kita mau membangun enggak sih? Mau Jakarta lebih bagus? Mau! Tapi ada cara yang sopan," kata Ratna.

Syarif yang berada di samping Ratna meminta Satpol PP di barisan paling depan memanggil pimpinannya. Namun seorang petugas Satpol PP meminta Syarif menemui pimpinannya di belakang.

 

Usai Menang Gugatan, Sumringahnya Wajah Warga Bukit Duri Ketika Bertemu Anies

Penulis : Christophorus Aji Saputro