logo


Langkah Jitu Budidaya Anggur dalam Pot, Mudah Lho!

Sebelum Anda mengembangkan tabulampot anggur, Anda perlu mengenali karakter tanaman ini terlebih dahulu

5 Agustus 2016 12:00 WIB

Tabulampot anggur.
Tabulampot anggur. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggur merupakan salah satu jenis tanaman buah yang secara normal umum dibudidayakan di lahan atau kebun yang luas. Akan tetapi bagi sebagian orang yang punya lahan terbatas, membudidayakan buah ini bisa direalisasikan dengan menggunakan pot alias tabulampot.

Desa Ini Hasilkan Kopi Arabica dan Robusta yang Berkualitas

Nah, sebelum Anda mengembangkan tabulampot anggur, Anda perlu mengenali karakter tanaman ini terlebih dahulu. Mengapa? Tentunya agar Anda sukses dalam budidaya tanaman anggur di dalam pot.

Tidak seperti kebanyakan tanaman lainnya, tanaman anggur justru membutuhkan musim kemarau panjang berkisar 4-7 bulan agar dapat tumbuh dengan baik dan intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi. Curah hujan yang diperlukan oleh tanaman ini hanya 800 mm per tahun. Oleh karena itu, penyiraman yang berlebihan dapat mengganggu proses pembuahannya.


Danrem 074/Warastratama Ajak MAsyarakat Tanam 5.000 Bibit Jambu Kristal

Untuk suhu, anggur dapat tumbuh maksimal di lingkungan bersuhu 31°C dan suhu minumum adalah 23 °C dengan kelembaban udara berkisar antara 75-80%.

Lantas, bagaimana cara agar tabulampot anggur bisa berbuah lebat. Dikutip dari laman mediatani, simak langkah-langkahnya berikut ini: 

Menyiapkan Tabulampot Anggur. Langkah pertama adalah siapkan terlebih dahulu pot dengan diameter 30 cm dan tinggi 40 cm, atau yang lebih besar lagi. Setelah itu siapkan media tanam untuk tabulampot anggur. Ingat, Hanya beberapa jenis tanah yang dapat menunjang pertumbuhan tanaman anggur dengan baik.

Isilah pot dengan media tanam yang terdiri dari campuran pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1 sampai penuh. Setelah disiram nantinya media tanam akan turun, usahakan ketinggian media tanam 5 cm di bawah bibir pot. Perhatikan juga tingkat keasaman (pH) media tanam. Tingkat keasaman tanah yang cocok untuk budidaya anggur adalah 7 (netral).

Pembibitan dan Penanaman. Bibit tanaman anggur yang baik berasal dari stek atau cangkok, karena kualitas tanaman sama persis dengan induknya dan lebih cepat berbuah dibandingkan dengan yang berasal dari biji.

Pilihlah bibit dengan ukuran batang sebesar pensil dan mempunyai minimal 2 lembar daun yang sehat. Tanam pada saat suhu udara tidak terlalu panas (pagi atau sore). Siram media tanam sampai jenuh air.

Selanjutnya setelah tanaman mulai tumbuh sehat, pergola harus segera dipasang untuk menyangga batang tanaman yang mulai memanjang supaya tidak rebah ke tanah atau patah.

Untuk tabulampot anggur cukup dengan pergola sederhana berupa tiang saja atau besi yang dilengkungkan. Tetapi untuk yang ingin mempercantik penampilan bisa saja dibuatkan pergola yang lebih artistik sesuai dengan selera, yang penting tujuannya sama untuk menyangga tanaman.

Danrem 074 Warastratama Tanam 5.000 Bibit Sirsak Madu Bersama Masyarakat

Selanjutnya >
Penulis : Riana