logo


Tumbuhkan Padi di Luar Angkasa, Ide Brilian Siswa Binus School Simprug

Hal tersebut terkait dengan rencana NASA untuk mengirim astronot ke Mars pada 2030.

24 April 2016 10:02 WIB

Dua siswa Binus School Simprug, yakni Natasha Harianto, kelas 10 (kiri) dan Derrick Harianto (kanan), Kelas 9, lahirkan ide ‘out of the box’ menumbuhkan benih padi di ruang angkasa.
Dua siswa Binus School Simprug, yakni Natasha Harianto, kelas 10 (kiri) dan Derrick Harianto (kanan), Kelas 9, lahirkan ide ‘out of the box’ menumbuhkan benih padi di ruang angkasa. arenalte.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Ide ‘out of the box’ lahir dari tangan dingin dua siswa Binus School Simprug. Mereka adalah Derrick Harianto, Kelas 9, dan Natasha Harianto, kelas 10. Mereka bersama-sama 8 siswa SMA dari Jakarta, Bandung dan Jayapura menciptakan ide untuk menumbuhkan padi di luar angkasa. Percobaannya sendiri dilakukan di Microlab.

Inovasi brilian ini disampaikan dengan harapan dapat memenuhi platform eksperimen NASA untuk menumbuhkan benih padi di ruang angkasa. Hal tersebut terkait dengan rencana NASA untuk mengirim astronot ke Mars pada 2030. Sementara perjalanan dari Bumi ke Mars diperkirakan akan memakan waktu 7 bulan, sehinga ide tersebut diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pangan astronot.

Natasha dan Derrick dipilih oleh Surya Institute. Mereka ditempatkan dalam sebuah tim beranggotakan 10 orang dari SMA sekitar Jakarta, Bandung, dan Jayapura untuk membuat MicroLab.


Tim Pengawalan SPIP Dukung Tercapainya UPSUS SIWAB

“Percobaan kami di Microlab adalah melihat bagaimana benih padi dapat tumbuh di tempat yang memiliki gravitasi nol tanpa sinar matahari. Padi mulai disimpan sekitar bulan Oktober dan MicroLab kami diluncurkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 23 Maret, 2016. Kami akan menganalisis hasil dari bumi dan membandingkannya dengan prototipe yang kami buat,” kata Natasha, dalam rilisnya yang diterima, Jum’at (22/4), lalu.

Pada akhir proyek, mereka akan membandingkan perbedaan antara pertumbuhan benih padi di bumi dan di stasiun Luar Angkasa Internasional.

“Kami merasa proyek ini akan membawa banyak manfaat bagi orang-orang di masa depan," kata Natasha dan Derrick.

Selanjutnya, Natasha dan Derrick akan menghadiri Konferensi Tahunan American Society for Gravitational and Space Research di Washington DC pada November 2016.

Wow, sungguh jenius ya mereka! Salut untuk Natasha dan Derrick!

 

Inovasi Jitu Awetkan Cabai Hingga 6 Bulan

Halaman: 
Penulis : Riana