logo


Serunya Lelang Durian-Kontes di Durian Fair 2016

Adapun durian yang masuk kategori lelang merupakan durian-durian kontes

29 Februari 2016 10:20 WIB

Suasana lelang durian di Festival Durian 2016 di Blok M
Suasana lelang durian di Festival Durian 2016 di Blok M

JAKARTA JITUNEWS.COM – Selain menggelar lomba dan memamerkan durian-durian asal Jawa Tengah, Jawa Barat dan Banten, Durian Fair 2016 yang diadakan di pelataran Blok M Square, Jakarta Selatan, juga digelar acara lelang durian pada hari pertama (27/2). Adapun durian yang masuk kategori lelang merupakan durian-durian kontes, tak pelak pengunjung pun berkerumun di lokasi pelelangan.

Bahtelitbang Karya Siswa SMAN 1 Kudus Ini Siap Bersaing di Negeri Paman Sam, Seperti Apa?

Begitu lelang dibuka sang pecinta buah berduri itu langsung sahut menyahut meneriakan sejumlah harga demi bisa membawa pulang si raja buah. Lelang dibuka dari harga Rp100 ribu sampai Rp250 ribu tergantung dengan jenis, warna, aroma dan ketebalan daging.

Seperti pada durian bernomor urut 27 yakni durian jenis tompo yang dibukan dengan harga Rp100 ribu, tidak lama terlontar tawaran Rp140 ribu, lalu merangkak ke harga Rp160 ribu, meningkat lagi Rp180 ribu sampai Rp200 ribu, menginjak Rp240 ribu hingga pada akhirnya terjual di angka Rp260 ribu. 


Bali Bakal Menggelar Festival Manggis, Catat Tanggal Mainnya Ya!

Padahal dari segi fisik durian tompo terlihat seperti belum masak dengan tekstur warna kulit luar berkelir kuning kehijauan yang ditaksir seberat 2 kilogram.

Berikutnya yang tak kalah menarik ialah ketika pelelangan durian dirun asal Sigaluh, Banjarnegara, Jawa Tengah. Tekstur daging buah yang terlihat tebal, montok dan berwarna kuning pucat itu menjadi daya tarik para maniak duren untuk segera melemparkan harga terbaik demi bisa memboyong si dirun.

Sebagaipembuka dirun dihargai Rp100 ribu, terdengar dari kejauhan pria berkacamata melontarkan tawaran Rp120 ribu, disahut kembali dengan harga Rp140 ribu. Seakan tak mau kalah dirun kembali mendapat mahar Rp160 ribu. 

Tak berhenti disitu penawaran terhadap si dirun juga sempat menginjak angka Rp220 ribu hingga pada akhirnya dirun laku terjual pada angka Rp240 ribu oleh Eri seorang maniak duren berperawakan Tionghoa.

“Sebenarnya ini kurang bagus, cuma saya iseng aja nawar. Kalau mau enak Malaysia punya, mantab seperti D24, Udang merah dan Musangking, mantab itu bijinya kecil. Tapi harganya mahal bisa mencapai 40 dolar per buah,” tutur Eri.

 

 

Ini Penyebab Sayuran Organik Berbentuk ‘Tak Sempurna’

Penulis : Aditya Kurniawan, Tommy Ismaya