logo


Gulai Taboh, Menu Wajib saat Perayaan Adat di Lampung

Oleh masyarakat Lampung di pekon kampung baru, Kota Agung Timur, Tanggamus, masakan ini disajikan pada upacara adat nayuh

25 Februari 2016 11:45 WIB

Gulai Taboh. (Istimewa)
Gulai Taboh. (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Lampung memang terkenal akan destinasi wisata dan budaya, namun bagaimana dengan kulinernya? Jika Anda memiliki ketertarikan akan kuliner dan adat istiadat, maka Anda tidak boleh melewatkan Lampung dalam daftar kunjungan Anda. 

Salah satu menu masakan yang wajib dihidangkan dalam upacara adat adalah Gulai Taboh. Oleh masyarakat Lampung di pekon kampung baru, Kota Agung Timur, Tanggamus, masakan ini disajikan pada upacara adat nayuh. 

Masakan ini memiliki bahan yang amat beragam seperti udang, ikan, kacang-kacangan, buah melinjo, labu kuning, ubi jalar, dan aneka sayuran yang bisa dikombinasikan untuk dimasak bersama santan. Bumbu yang harus dipersiapkan adalah cabai merah, bawang merah, bawang putih, serta tomat. Sebagai penyumbang aroma, daun kemangi juga bisa dicemplungkan ke dalam olahan. 


Agar Enak Saat Dimasak, Ini Cara Memilih dan Menyimpan Tahu

Dari beragam bahan di atas, maka tidak heran jika makanan ini memiliki citarasa pedas gurih. Saat kuahnya diseruput, dijamin lidah Anda pasti ketagihan untuk mengicipinya lagi. Sepiring nasi putih hangat dan sambal terasi serta lalapan merupakan kombinasi yang pas untuk disantap bersama gulai taboh.

Wow, Ratu Inggris Ternyata Doyan Makanan Rakyat Jelata Ini

Halaman: 
Penulis : Hartati, Agung Rahmadsyah
×
×